Tiga Kandidat Bersaing Ketat di Pilgub Jatim

oleh -13503 views
Pilgub Jatim foto KPUD Jatim
Pilgub Jatim foto KPUD Jatim

Pacitanku.com,  SURABAYA—Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada 29 Agustus mendatang diprediksi menjadi pertarungan tiga kandidat kuat, yakni pasangan Incumbent Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), Bambang DH-Said Abdullah (BDH-Said), dan Khofifah-Herman (Berkah).

Pertarungan tiga kandidat ini dilakukan oleh lembaga research, strategy and political consulting (Proximity). “Untuk Eggy, elektabilitasnya rendah,” kata Whima Edy Nugroho, direktur Proximity, Selasa (13/8).

Survei ini digelar Proximity pada periode 17-30 Juli dengan responden 1200 orang yang tersebar di 38 kabupaten/kota dengan sampling error sebanyak tiga persen.

Dikatakan Whima, ketiga pasangan ini akan bersaings engit di seluruh wilayah di Jawa Timur, termasuk di ibukota Surabaya, yang kekuatan tiga kandidat nyaris seimbang. Sementara di beberapa daerah lainnya, pertarungan hanya akan melibatkan dua pasang calon antara Karsa vs BDH-Said, dan Karsa vs Berkah.

“Pertarungan akan sengit, tapi Karsa hampir seluruhnya memang tipis kecuali di Pacitan, dimana adalah daerah kelahiran Bambang DH, pasangan ini (BDH-Said) unggul mengalahkan Karsa,” terangnya.

Sementara itu, Karsa juga akan bertarung melawan Berkah di Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Kediri, Tulungagung, Sidoarjo, Gresik dan Pasuruan. Dalam pertarungan ini, Karsa juga memang tipis di hampir seluruh daerah kecuali di Tulungagung Karsa akan kalah dengan Berkah.

Redaktur : Dwi Purnawan

Foto : KPUD