Gagal Berangkat Tahun ini,Belasan Calhaj Pacitan di Prioritaskan 2014

oleh -236 views
jemaah-haji
jemaah-haji

Pacitanku.com, PACITAN—Pengurangan kuota calon jamaah haji (CJH) yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi kepada seluruh negara, akhirnya berimbas ke daerah. Belasan orang calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Pacitan, dipastikan batal berangkat ke tanah suci tahun ini.

Sebagai gantinya, para jamaah tersebut mendapatkan prioritas pada musim haji tahun 2014 nanti. Kepala Seksi (Kasi) Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan Siti Aisyiah menerangkan, Diundurnya pemberangkatan 15 orang CJH terjadi setelah ada kesepakatan pembatasan kuota dasar. Ini lantaran pemerintah Arab Saudi tengah melakukan renovasi area tawaf di Masjidil Haram.

Menurut Siti, selain mendapat prioritas untuk berangkat pada tahun berikutnya, para jemaah haji yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tak perlu menambah nilai pembayaran. Namun jika jumlah yang telah dibayar ternyata lebih besar dari BPIH  tahun 2014, sisanya akan dikembalikan. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Agama nomor 63/2013 tentang Kriteria Keberangkatan Jemaah Haji.

Untuk tahun ini awalnya Kabupaten Pacitan memiliki kuota 143 orang. Namun dalam perjalanannya kemudian berkurang menjadi 122 orang saja. Selain karena kebijakan pemangkasan kuota dari Arab Saudi, berkurangnya jemaah haji juga karena faktor pindah, sakit, atau meninggal dunia.(Dep/Riz/Pct)

Sumber : Pemkab Pacitan