Muara Sungai Ngiroboyo, Paduan Wisata Air dan Olahraga Dayung

oleh -0 Dilihat
Lomba Dayung di Ngiroboyo Donorojo foto dok humas pemkab
Lomba Dayung di Ngiroboyo Donorojo foto dok humas pemkab

Pacitanku.com, PACITAN—Sebagai wilayah pesisir, kabupaten Pacitan banyak memiliki kawasan dengan panorama indah. Hanya saja yang menjadi evaluasi, tidak semua wilayah pesisir tersebut telah terkelola. Selain karena keterbatasan infrastruktur, potensi wisata tersebut belum banyak dikenal.

Pantai ngiroboyo misalnya. eksotika pantai diwilayah dusun Sambi desa Sendang Kecamatan Donorojo itu tidak hanya cocok untuk wisata, namun juga olah raga dayung. Pasalnya muara sungai Ngiroboyo yang membentang luas memberikan nuansa berbeda bagi penyuka tantangan.

Beberapa waktu lalu warga setempat menggelar perlombaan dayung bebas di muara sungai Ngiroboyo. Cara tersebut diharapkan menjadi momentum untuk mengenalkan pantai dan sungai Ngiroboyo sebagai kawasan wisata sekaligus sarana olah raga air. Menurut Kepala Desa Sendang Winarto, sungai Ngiroboyo  sendiri cocok untuk olah raga dayung karena kedalaman dan luas muara sungai sangat mendukung. Apalagi pengunjung juga dimanjakan dengan keindahan pantai dengan ombak landai.

Diakui penduduk setempat, bahwa untuk akses menuju pantai Ngiroboyo memang cukup sulit. Selain turunan dan kelokan tajam, kondisi jalan juga belum semua baik atau masih jalan makadam. Namun demikian, masyarakat sangat berharap pemerintah dapat membantu perbaikan infratsruktur tersebut sehingga pengunjung dapat mudah mencapai lokasi.

Dengan semakin banyaknya peminat yang datang, maka warga yang selama ini hanya menggantungkan dari bertani dan mengolah nira menjadi gula kelapa, dapat mendapatkan keuntungan lain.

Tersedianya sumber daya alam serta dukungan masyarakat yang begitu kuat untuk menjadikan kawasan pantai Ngirboyo sebagai lokasi wisata dan olah raga air. (Dep/Pct)