Belasan Calon Jamaah Haji Pacitan Kecewa Gagal ke Tanah Suci

oleh -241 views
Ilustrasi pemberangkatan Ibadah haji
Ilustrasi pemberangkatan Ibadah haji

Pacitanku.com, PACITAN—Sebanyak 15 calon jamaah haji (CJH) Pacitan kecewa karena gagal menunaikan ibadah haji tahun ini. Menurut Kasi Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan, Siti Aisyah, belasan CJH ini diprioritaskan berangkat tahun depan. Penundaan keberangkatan ini merupakan imbas berlangsungnya renovasi area thowaf di Masjidil Haram oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Pemangkasan kuota ini berdasarkan nomor urut porsi. Pemilahan menyesuaikan Peraturan Menteri Agama Nomor 63 Tahun 2013 tentang kriteria pemberangkatan jamaah haji dan didasarkan pada nomor urut pendaftar haji. Sehingga, masyarakat yang mendaftar belakangan terpaksa harus menunggu tahun depan untuk menunaikan haji,” terang Siti Aisyah, Sabtu (27/7/2013).

Siti juga mengaku tidak mudah menjelaskan pengurangan jumlah keberangkatan kepada calon haji. Untuk lebih meyakinkan para CJH, pihak Kemenag memutar video proses renovasi area thowaf Masjidil Haram. “Alhamdulillah, sebagian besar sudah tidak kecewa. Karena juga diprioritaskan berangkat tahun depan,” tambah Siti.

Selain itu, CJH yang gagal berangkat dipastikan menerima kompensasi. Jika biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2013 nanti lebih banyak dibanding 2012 ini, mereka tidak dikenai dana tambahan. Jika BPIH-nya lebih rendah, selisih uang yang telah dibayarkan tetap dikembalikan.

“BPIH tahun ini berkisar 36,19 USD atau Rp 35 jutaan. Bila BPIH tahun depan naik, CJH yang keberangkatannya ditunda tidak diwajibakan membayar selisih kekurangannya,” pungkasnya. (Dep/LI/Pct)

Sumber : Lensa Indonesia