Volkswagen Segera Bangun Pabrik di Indonesia

oleh -318 views
Salah satu produk Volkswagen foto by designboom
Salah satu produk Volkswagen foto by designboom

Pacitanku.com, JAKARTA­—Pabrikan mobil Volkswagen AG segera memberi kepastian rencana pembangunan pabrik di Indonesia dan akan diumumkan langsung oleh prinsipal pada bulan depan.

“Setelah Lebaran prinsipal akan mengumumkannya langsung. Kita tunggu saja,” jelas Andrew Nasuri, Chief Executive Officer PT Garuda Mataram Motors (GMM) selaku ATPM VW di Indonesia di Jakarta Selatan, Rabu (24/7/2013) malam.

Kepastian VW merakit mobil di Indonesia sudah disampaikan prinsipal tahun lalu dengan investasi 140 juta dolar Amerika Serikat (Rp 1,26 triliun) dengan kapasitas produksi 50.000 unit per tahun. Grup Indomobil, mitra usaha VW di Indonesia, sudah menyiapkan lahan di Bukit Indah, Cikampek, Jawa Barat, seluas 30 hektar.

“Saya tidak bisa mengatakan bentuk pengumuman itu. Petunjuknya positif,” imbuh Andrew. Sumber internal menjelaskan, saat ini persiapan pendirian pabrik sudah mencapai 80 persen, termasuk pemilihan perusahaan pemasok lokal. Pembangunakn pabrik membutuhkan waktu setidaknya 2 tahun. Untuk itu baru bisa berproduksi pada akhir 2015 atau awal 2016. Indonesia tetap dipilih VW menjadi basis produksi di ASEAN karena pasar yang terus dibandingkan Thailand yang mulai jenuh.

Awal bulan ini (Juli), Coordinator Development Volkswagen Group, Ulrich Hackenberg mengatakan, VW sedang mengembangkan model baru yang dibuat dari baja ringan dan ramah lingkungan untuk ke segmen baru,yaitu pembeli mobil pertama dengan banderol 6.000 euro (Rp 76,7 juta) per unit. Model ini disiapkan untuk negara-negara berkembang, setelah China. “Kami mau punya kendaraan untuk keluarga dengan harga antara 6.000 sampai 8.000 euro,” jelas Ulrich, kala itu. (Pct/Kmps)