Dishub Jatim Sediakan Tiket Mudik Kereta Api Gratis

oleh -308 views
Ilustrasi Mudik Naik Kereta
Ilustrasi Mudik Naik Kereta

Pacitanku.com, SURABAYA—Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Jatim kembali membuka tiket mudik gratis yang digagas Pemprov Jawa Timur. Mulai Kamis (25/7/2013), giliran angkutan kereta api, yang dibuka pemesanan tiket gratisnya bisa dipesan masyarakat.

Kepala Dishub dan LLAJ Jatim, Wahid Wahyudi saat ditemui LICOM mengatakan, para pemudik yang sebelumnya tidak kebagian tiket bus untuk mudik gratis, kini disediakan tiket kereta api gratis. “Kapan hari yang belum dapat tiket bus ada sekitar 400 orang. Mereka nantinya kita harapkan bisa menggunakan angkutan kereta api ini,” jelasnya.

Walaupun begitu, Wahid juga mengakui angkutan kereta api memang tidak seefektif bus. Karena dengan menggunakan kereta api, pemudik harus rela berhenti di stasiun tempat tujuan terdekat untuk melanjutkan kembali perjalanannya ke kampung halamannya. “Tapi angkutan ini lebih baik daripada mudik menggunakan motor yang sangat rawan kecelakaan,” tegasnya.

Sedikitnya enam rangkaian kereta api disiapkan mengangkut pemudik dari Surabaya dan sekitarnya. Kereta itu terdiri dari berbagai jurusan, seperti KA Penataran jurusan Surabaya-Blitar lewat Malang, KA Rapi Dhoho jurusan Surabaya-Blitar lewat Kertosono dan Kediri dan KA KRD Kertosono jurusan Surabaya-Kertosono.

Keenam rangkaian kereta itu dijadwalkan keberangkatannya mulai tanggal 2-9 Agustus untuk arus mudik dan 10-13 Agustus untuk arus balik lebaran. (LI/Pct)