Diresmikan, Bandara Kuala Namu Targetkan 22,1 Juta Penumpang Per Tahun

oleh -4.333 views
Bandara Kuala Namu Deli Serdang Sumatera Utara
Bandara Kuala Namu Deli Serdang Sumatera Utara

Pacitanku, DELI SERDANG—Setelah puluhan tahun menjadi rujukan penerbangan di Sumatera Utara, operasional Bandara Polonia akhirnya dialihkan ke bandara baru yang berada di Deli Serdang, mulai kamis (25/7) pukul 24.00 WIB. Dengan begitu, secara otomatis seluruh penerbangan dari dan menuju ke Medan kini berada di Kuala Namu International Airport (KNIA).

Menurut Dirut AP II, dialihkannya operasional Polonia ke KNAI karena bandara milik TNI Angkatan Udara (AU) tersebut sudah tidak mampu menampung kapasitas penumpang pesawat yang datang ke Medan setiap tahun. Dan operasional Bandara Polonia dikembalikan lagi kepada TNI AU.

“Setiap tahun, pertumbuhannya di Medan ini 9 persen. Data pada 2012 menunjukkan jumlah penumpang mencapai 7,8 juta dan tahun ini sudah mencapai 8 juta lebih. Karena kapasitas Polonia yang hanya menampung 900.000 penumpang sudah tidak memadai lagi maka kami alihkan ke Kualanamu,” ujarnya dalam konferensi pers usai take off Garuda Indonesia dari KNAI ke Jakarta, Bandara Kualanamu, Kamis (25/7).

Jika pada pengembangan Tahap I, Bandara Kualanamu mampu melayani pergerakan sebanyak 8,1juta penumpang per tahun maka pada pengembangan lanjutan yang telah diprogramkan, Kualanamu didesain mencapai kapasitas maksimal untuk melayani hingga 22,1 juta pergerakan penumpang per tahun.

Berhenti beroperasinya Bandara Polonia ini ditandai dengan landing terakhir yang dilakukan oleh dua maskapai penerbangan, yakni Lion Air JT 218 dari Jakarta dan Air Asia QZ 7803 dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung beberapa waktu lalu. (Dep/Pct)