Gedung Baru DPRD Pacitan Dianggarkan Rp 8 Miliar

oleh -1.187 views
Gedung DPRD. (Foto : Pemkab Pacitan)
Gedung DPRD. (Foto : Pemkab Pacitan)
Gedung DPRD. (Foto : Pemkab Pacitan)
Gedung DPRD. (Foto : Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, Pacitan— Kalangan DPRD Pacitan mendapat fasilitas seambrek. Selain beragam uang tunjangan, 45 wakil rakyat juga bakal menampati gedung baru. Tidak tanggung-tanggung, alokasi anggaran dana yang dibutuhkan untuk pembangunan di lokasi lama, Jalan A.Yani itu lebih dari Rp 8 miliar.

Sebanyak Rp 5,177 miliar di antaranya sudah masuk di APBD setempat 2013 ini. Sedangkan, Rp 3 miliar sisanya akan ditambah di anggaran tahun depan. Anggaran pembangunan kantor dewan di tahun ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) nominalnya Rp 3,177 miliar. Sedangan yang Rp 2 miliar merupakan bantuan keuangan dari Pemprov Jawa Timur.

“Pembangunan tahun ini untuk bagian barat, timur, dan utara. Prosesnya berjalan serentak,’’ kata Edy Junan Ahmadi, Kepala Dinas Cipta Karta Tata Ruang dan Kebersihan Pacitan, Kamis (16/01/2013).

Tahap awal pembangunan dimulai akhir Maret nanti. Itu, setelah proses tender dijalankan oleh petugas Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) pemkab. Pihak rekanan pemenang lelang akan menyulap bangunan lawas gedung DPRD tersebut sesuai dengan gambar perencanaan.

“Lantainya bertingkat dua dan nantinya bangunan yang lama dirobohkan,” tuturnya.

Sesuai perencanaan, ada beberapa penambahan ruang. Yaitu, ruang rapat badan legislasi, badan anggaran, badan musyawarah, dan badan kehorhamatan. Dengan begitu, pembangunan yang bakal berlangsung itu akan mengamodir seluruh alat kelengkapan DPRD. Sebab, di bangunan yang lama belum ada. Selain itu, ada sejumlah penambahan ruang baru yang lain. Di antaranya, front office, public room, dan press room.

Sedangkan sejumlah ruang yang lain hanya mengalami pemindahan tempat dengan sentuhan desain baru. Seperti, ruang komisi, fraksi, pimpinan DPRD dan sekretariat yang berada di sisi barat,utara, dan timur di atas lahan dengan luas sekitar 1.800 meter persegi itu.

Junan menjelaskan, ruang rapat utama alias paripurna bakal dibangun lagi tahun depan. Kebutuhan dananya sekitar Rp 3 miliar lebih sesuai dengan estimasi dalam perencanaan. Sumber dari duit sebanyak itu diperkirakan sama yakni dari
pemerintah pusat melalui DAK maupun bantuan keuangan Pemprov Jawa Timur.

Rencana pembangunan gedung DPRD di Jalan A.Yani itu dipaparkan Junan kepada sejumlah anggota DPRD. Dalam pertemuan itu terungkap, hingga kini pihak sekretariat dewan belum mendapat tempat boyongan sementara di saat pembangunan berlangsung.

“Kami masih survey dan kemungkinan di kantor Bakesbangpolinmas yang lama. Tapi, di sana masih ada mobil pemadam kebakarannya,’’ ungkap Hariyo Jumanto, Sekretaris DPRD di dalam forum tersebut.

Source : Lensa Indonesia