Cuaca Ekstrim, Lima rumah di Pacitan kena longsor

oleh -Dibaca 1.434 kali

masDwi, pacitan – Sedikitnya lima rumah warga di Dusun Ngaglik, Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, rata dengan tanah akibat dihantam tanah longsor. Puluhan warga terpaksa harus diungsikan, lantaran tempat tinggalnya tak bisa ditempati lagi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat merilis, sedikitnya sebanyak 9 kepala keluarga (KK) di DusunNgaglik, Desa Bandar terpaksa harus kehilangan tempat tinggal.

Kasie Kedaruratan dan Logistik, BPBD Pacitan, Juri mengatakan, tidak didapati korban jiwa dalam musibah tanah longsor yang terjadi Senin (7/1) dinihari sekitar pukul 01.13 WIB tersebut.

Sekali pun begitu, hampir semua rumah warga yang tertimpa material longsor, rusak parah dan nyaris rata dengan tanah. Juri mengungkapkan, musibah tersebut berlangsung di 50 titik. Namun kejadian terparah berlangsung di Dusun Ngaglik, Desa Bandar.

“Saat ini sudah dilakukan penanganan. Semua penghuni rumah selamat. Namun harus diungsikan,” ujar Juri saat dihubungi di lokasi kejadian, Senin (7/1).

Sementara itu Ratna, staf BPBD Pacitan menambahkan, sedikitnya sebanyak 9 kepala keluarga (KK) di RT 2/RW 19 terpaksa harus diungsikan ke rumah kepala dusun. Mereka berjumlah 31 jiwa. Beberapa di antaranya masih berusia balita, dan Lansia. “Itu masih data awal. Sebab hingga detik ini, tim masih berada di lokasi kejadian dan belum menyampaikan laporan secara menyeluruh,” tukasnya.

Sementara itu Bupati Pacitan H Indartato bersama jajaran terkait langsung meninjau lokasi kejadian. Dia berharap semua warga terdampak bencana segera mendapatkan bantuan. Utamanya makanan dan obat-obatan. Sementara mengenai tempat tinggal mereka yang rusak diterjang tanah longsor, Pemkab setempat tengah mengupayakan perbaikan.

Source : dutaonline.com/longsor-terjang-lima-rumah/