Menikmati Keindahan Pantai Klayar Pacitan

oleh -4.057 views
Pantai Klayar. Foto Pambudi yoga perdana/IG: Pacitanku

Pacitanku.com, DONOROJO— Obyek wisata pantai yang satu ini menjadi obyek wisata unggulan dan sekaligus Ikon dari Kabupaten Pacitan. Namanya Pantai Klayar. Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari kota Pacitan. Dan menurut sejarah yang ada, konon nama Klayar berasal dari guyonan lokal Klayar-kluyur alias jalan-jalan.

Jalan menuju obyek wisata ini tidak terlalu mudah karena arah menuju wilayah sendang ini masih sempit dan dengan liku tanjakan dan turunan curam. Pantai Klayar berorientasi di sisi barat kabupaten Pacitan. Sepanjang lintasan anda akan disuguhi dengan geologi berstruktur tandus di wilayah ini, dan perbukitan kapur mengelilingi dari ujung ke ujung jalan.

Rute yang dapat diambil ketika menuju Klayar dari Kota Pacitan adalah dapat ditempuh melalui dua jalur utama bus maupun kendaraan kecil. Rutenya adalah dari Kecamatan Punung, tepatnya ke arah Desa Bomo, menuju ke Desa Kalak, dan seterusnya anda akan menuju ke Desa Sendang yang merupakan wilayah Pantai Klayar.




Keindahan dan pesona pantai

Pantai Klayar adalah pantai dengan karakteristik berupa hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru atau bisa juga disebut Hijau Tosca, batu karang yang mempesona, dan air mancur alami. Semua itu menjadikannya pantai dengan pesona alam indah di Pacitan, Jawa Timur. Yang menjadi ciri khas dan membuat Pantai ini indah adalah bentuk batuan karang Tanah Lot yang indah dengan bebatuannya, juga di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai lain yang berada di pacitan.

Pantai Klayar akan terlihat tambah elok ketika anda berada disana saat cuaca sedang cerah, maka pada kondisi tersebut, aka nada Sinergi biru laut demikian manis, membentur halus deretan karang hitam yang berbaris rapi di tepian, berpadu dengan Pasir putih yang mempesona. Layaknya sebuah pesisir, vegetasi berupa pohon-pohon kelapa tumbuh liar di sekitarnya. Pun pada saat menjelang sore hari, Lembayung senja atau sunset dengan spektrum jingga kemerahan memeluk erat langit di garis batas barat Klayar di sore itu. Pemandangan ini seperti menyaksikan alam asyik dengan romansa pesisirnya.

Sisi lain Pantai Klayar bukan hanya elok pada keindahan Pasir Putihnya saja. Tebing – tebing karst juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Klayar Bagi yang asing dengan istilah ini, karst merupakan struktur bumi hasil pelarutan batuan gamping, granit, atau batuan pasir lainnya. Hampir sama dengan permukaan goa. Uniknya, gugusan karst di Pantai Klayar berukuran raksasa dan berwarna gading pucat. Menjulang tinggi puluhan meter. Angkuh berdiri sekuat apapun gemuruh laut menderu.

Fasilitas pendukung Klayar, ATV, es degan sampai villa

Pantai Klayar adalah satu diantara sekian banyak pantai yang masih masuk kategori pantai natural dan belum terkelola secara maksimal di pacitan. Namun demikian, penduduk setempat sudah memanfaatkan keelokan pantai Klayar ini untuk nilai ekonomis.

Beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup menambah pesona Pantai Klayar. Disini sudah ada fasilitas ATV, yakni sepda motor yang bisa digunakan untuk berkeliling menikmati indahnya pantai Klayar. Harga ATV ini adalah 100.000 dengan durasi waktu adalah 1 jam.




Dari banyaknya penjual makanan dan minuman disini, tentu yang khas adalah seafood dan juga es degan. Meskipun Klayar adalah bukan tempat surga bagi ikan, namun demikian anda tetap bisa menikmati aneka hidangan seafood dari mulai udang sampai ikan tongkol.

Pun demikian dengan es degan, minuman khas daerah pesisir ini juga turut melengkap liburan anda di Pantai sejuta pesona ini, biasanya es degan disajikan alami di batok kelapanya, dengan tambahan gula dan es, atau dapat dinikmati sedikit demi sedikit di gelas yang sudah disediakan. Harga es degan berkisar antara 4ribu sampai 5ribu rupiah. Es degan ini akan terasa nikmat di minum apabila anda mengunjungi Klayar saat siang hari.

Selain fasilitas makanan, mungkin ketika anda bermaksud bermalam di kawasan Klayar, anda tak perlu khawatir, karena di tebing atas, kurang lebih sekitar 500 meter dari Pantai, ada villa yang bisa anda gunakan untuk menginap.

Fasilitas yang mungkin sampai sekarang belum bisa anda nikmati di Klayar adalah fasilitas listrik sampai ke Pantai. Kecuali di wilayah villa, sampai artikel ini di posting belum ada listrik yang tersalurkan sampai ke wilayah pantai.

Redaktur : @RobbyAgustav