Tuesday, 22 July 2014

Menari diatas ombak Pantai watukarung

Pacitanku.com, PACITAN– Dengan khas dari pantai pasir putih dan ikan banyak, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi tempat itu. Namanya Pantai Watu Karung. Pantai ini terletak di Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan, jika jaraknya ditempuh dari pusat kota sekitar Pacitan kurang lebih sekitar 25 sampai 30 KM. Jalan menuju pantai ini cukup sulit untuk dicapai karena hanya melalui jalanan menanjak yang kecil dan berliku jalan dan ke bawah, sehingga perjalanan ke pantai watu karung agak memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Ciri utama dari pantai ini bersih di tengah sempit belahan batu, dan bertemu dengan puluhan perahu nelayan, sementara juga lebih lebar dari Pantai Srau terletak tidak jauh dari pantai ini dan ada juga beberapa pulau kecil di teluk. Watu Karung adalah pantai yang memiliki pasir putih hamper mirip dengan Pantai Srau.

Perjalanan menuju Pantai Watu Karung tidaklah mudah. Dengan letak wilayah yang agak tersembunyi di salah satu titik sepanjang garis pantai selatan Pacitan (Jawa Timur, Indonesia), Pantai Watu Karung bisa dicapai dengan sepeda motor ataupun mobil melalui jalan berkelok naik turun perbukitan. Perjalanan ke lokasi itu harus ditempuh dengan kendaraan roda empat atau sepeda motor pribadi atau sewa karena memang tak ada angkutan umum yang memfasilitasi pengunjung.

Waktu tempuh sekitar satu jam bagi mereka yang belum pernah berkunjung ke lokasi ini. Hal itu karena akses menuju tempat wisata ini hanya jalan yang lebarnya sekitar 4 meter. Kondisi jalannya memang sudah beraspal, tetapi banyak lubang di sana-sini. Pemandangan perbukitan dengan pepohonan lebat di kawasan Pegunungan Sewu akan menemani sepanjang perjalanan.

Sebelum mencapai lokasi utama, pengunjung akan disuguhi pemandangan gunung batu batu karang di sekitar kanan kiri jalan menuju lokasi, jalanan menuju lokasi melewati daerah pinggiran yangg bagus jalannya, dengan sedikit sekali lubang dan jalan rusak, satu hal yg memberikan nilai plus terhadap tempat wisata yg satu ini, tempat wisata ini masih jarang dikunjungi, bisa terlihat dari tak adanya restribusi masuk lokasi, pasir putihnya yg membentang di seluruh bibir pantai dan karang karang raksasa di sepanjang garis horizontal pantai menambah keindahan sebuah pantai yang masih jarang dikunjungi banyak wisatawan itu.

Melewati jalan sempit dengan rumah-rumah penduduk di kanan kirinya, mendadak sepeda motor kami terhenti karena tanah tiba-tiba berganti dengan pasir. Di depan sana sebuah pantai cantik dengan ombak berwarna biru kehijauan membentang. Hamparan pasir putihnya terasa sangat lembut. Pulau-pulau karang menghiasi lepas pantainya. Sinar matahari yang bersinar cerah dan langit biru membuat semuanya semakin sempurna. Pantai Watu Karung adalah nirwana.

Bagitu sampai di Pantai Watu Karung, Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari pohon-pohon kelapa. Pohon tersebut berbaris rapi di sepanjang pantai dan berayun, seakan mengajak Anda untuk segara masuk ke dalam kawasan pantai.

Pasir putihnya yang halus akan menyapa Anda ketika pertama kali mengijakkan kaki di pantai ini. Pantai Watu Karung masih tergolong sepi akan pengunjung. Mungkin karena di Pacitan sendiri sudah memiliki pantai lain yang lebih terkenal, yaitu Pantai Srau dan Pantai Klayar.

Surga para surfer

surfing di watu karung

surfing di watu karung

Di balik keindahannya, Pantai Watu Karung ternyata memiliki ombak yang luar biasa, yangs erring digunakan untuk arena olahraga air surfing. Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang, pada saat-saat tertentu Pantai Watu Karung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat surfer serasa berada di surga. Baik surfer dengan goofy style maupun natural bisa berselancar di sini karena Pantai Watu Karung memiliki ombak kanan dan kiri. Tempat ini juga belum terlalu ramai, sehingga surfer bisa mengejar ombak dengan leluasa. Banyak para surfer kelas dunia maupun para surfer pemula memanfaatkan ombak watu karung sebagai sarana latihan kegemaran olahraga surfing mereka.

Maka, selain pulau Bali yang memang terkenal dengan lautnya yang sering digunakan untuk olahraga surfing, Pantai Watu Karung di pacitan pun menjadi referensi para peselancar air ini untuk menyalurkan hobinya. Jadi di Indonesia, alternatif lain para pegiat surfing selain di Pulau dewata tersebut adalah Pantai Watu karung di Pacitan.

Pantai Watu Karung, sebuah pantai cantik dengan ombak berwarna biru kehijauan membentang. Hamparan pasir putihnya terasa sangat lembut. Pulau-pulau karang menghiasi lepas pantainya. Sinar matahari yang bersinar cerah dan langit biru membuat semuanya semakin sempurna. Welcome the surfing paradise.

Source : Buku Pacitan The Heaven Of Indonesia

Enhanced by Zemanta

 
Filed in: Pantai, Wisata

4 Responses to “Menari diatas ombak Pantai watukarung”

  1. 29/07/2013 at 23:31 #

    Menari di atas Ombak pantai Watukarung.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sukses Kuasai Tanah Ring Satu, Warga Asing Mulai Incar Ring Dua Pantai Watukarung | Portal Berita Pacitan - 11/12/2013

    [...] PACITAN—Setelah sukses menguasai beberapa tanah utama di Pantai Watukarung, Pacitan, pengusaha asing yang sering berkunjung ke kawasan wisata Pantai tersebut kini mulai [...]

  2. Bruce Irons, Jagoan Surfing yang promosikan Ombak Besar Pantai Pacitan | Portal Berita Pacitan - 21/12/2013

    […] ke Pantai pacitan, dan bahkan pernah mencoba keganasan ombak – ombak di Pantai Pacitan, utamanya Pantai Watukarung di Pringkuku, akhir tahun 2009 […]

  3. Ini Rute Penilaian Geosite di Pacitan, Wonogiri dan Gunungkidul | Pacitanku - 07/07/2014

    […] Pantai Watukarung […]

Leave a Reply

Baca Juga Artikel Iniclose
Plugin from the creators ofBrindes Personalizados :: More at PlulzWordpress Plugins