Adakan banyak Pilkades, Pemkab Pacitan Gerojok Rp 5 Juta

oleh -8.651 views

masDwi, Pacitan— Agenda demokrasi yang berlangsung selalu berbaning lurus dengan nilai ekonomi, hal itu bahkan sampai ke tingkat desa. di Pacitan, yang rencana tahun depan akan ada Pilkades di 118 desa, pemkab Pacitan akan menggelontorkan dana bantuan untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2013 nanti. Rencananya, setiap desa akan mendapat bantuan dana dari pemkab sebesar Rp 5 juta. Tahun depan, 118 desa yang melangsungkan pilkades dengan lokasi menyebar di 12 Kecamatan Pacitan.

Pentingnya peran pemerintah desa sebagai ujung tombak kinerja pemkab membuat pemkab musti bersiap lebih awal. “Jangan sampai kegiatan pilkades terhambat dan menjadi masalah di kemudian hari,” saran Wakil Ketua Komisi A DPRD Pacitan, Sri Widowati, Senin,(03/12/2012).
Lebih lanjut, Sri mengatakan, anggaran dana pilkades ini terrmasuk sangat minim. “Di dalam Rancangan APBD 2013, dana pilkdes hanya Rp 5 juta. Anggaran tersebut sama dengan tahun lalu, tidak ada peningkatan sama sekali,” imbuhnya.
Melihat harga kebutuan dengan klasifikasi jumlah pemilih yang meningkat, seharusnya dana bantuan pilkades untuk tahun 2013 lebih banyak. “Bukan malah stagnan,” lanjutnya.
Peningkatan kebutuhan untuk pilkades tersebut terutama pada Alat Tulis Kantor (ATK), dan sosialisasi warga. Sri yakin pihak pemerintah desa maupun kandidat kades harus merogoh kocek lebih dalam lagi jika pemkab tidak menaikkan jumlah dana bantuan pilkades.
“Dalam satu kali pilkades saja dana yang dibutuhkan minimal Rp 30–Rp 40 juta. Kadang malah membengkak sampai Rp 60 juta,” ungkap Legislator dari Partai Golkar tersebut.
Selain masalah dana, Sri juga menyorot tentang jabatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang di tahun 2013 nanti banyak yang habis waktunya. Padahal, BPD memiliki peran membentuk panitia pilkades. “Saya khawatir, bila badan itu tidak segera diperbarui maka akan berdampak pada pesta demokrasi di tingkat desa,” pungkasnya
Source : Pacitan News Flash
lensaindonesia.com/2012/12/03/tahun-depan-118-desa-punya-gawe-demokrasi.html
Enhanced by Zemanta