Tingkatkan Produksi, Puluhan Kelompok Tani Pacitan Terima Bantuan Alsintan

oleh -2084 Dilihat
Puluhan kelompok tani di Kabupaten Pacitan menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Puluhan kelompok tani di Kabupaten Pacitan menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan).

Bantuan Alsintan itu berasal dari kegiatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024.

Alsintan tersebut berupa cultivator 12 unit, pompa air 7 unit, mesin perajang 5 unit serta alat pres tembakau 5 unit. Bantuan lain berupa kotak pres 10 unit, foormate 100 buah serta drum plastik 200 buah.

“Ada Kurang lebih 88 kelompok tani  yang mendapatkan bantuan alsintan dari DBHCHT ini,”kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan Sugeng Santoso, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Sementara, pada Jumat (28/6/2024) lalu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyerahkan bantuan alsintan perkebunan kepada sejumlah kelompok tani tembakau di halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan.

“Manfaatkan sebaik-baiknya bantuan alsintan tersebut, mudah-mudahan dengan bantuan ini produksi pertanian bisa meningkat,”kata Bupati.

Mas Aji juga berharap petani tembakau Pacitan tekun serta konsisten mengembangkan komoditas asal benua Amerika tersebut.

Menurutnya, tidak mudah terpengaruh fluktuasi pasar karena naik turun harga komoditas pertanian dan perkebunan adalah hal yang lumrah.

No More Posts Available.

No more pages to load.