Semakin Serius Garap UMKM, Pemkab Pacitan Luncurkan Program Inkubasi Bisnis

oleh -549 Dilihat
Dikuperin resmi memulai program inkubasi bisnis bernama Lembaga Inkubasi Kewirausahaan Pacitan (LINK KITA). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perindustrian (Dikuperin) semakin serius mengembangkan bisnis pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Terbaru, melalui bidang usaha mikro Dikuperin resmi memulai program inkubasi bisnis bernama lembaga inkubasi kewirausahaan Pacitan (LINK KITA).

Selama 2 hari, yakni Kamis (20/6/2024) hingga Jumat (21/6/2024), sejumlah UMKM mengikuti kick-off dan booth camp inkubasi bisnis di aula gedung PLUT KUMKM Pacitan.

Dari 70 pendaftar, 50 UMKM terpilih seleksi administrasi mengikuti kegiatan seleksi berdasarkan sejumlah aspek, salah satunya presentasi bisnis model canvas (BMC).

Dari seleksi selama 2 hari, tersaring 25 UMKM yang berhak mengikuti kegiatan pendampingan secara rutin selama 6 bulan melalui lembaga LINK KITA dengan didampingi mentor profesional dan pendamping UMKM.

Untuk tahap awal ini, program inkubasi lebih banyak mengakomodasi UMKM di bidang kuliner dan kriya dengan rata-rata sudah berjalan selama 1-5 tahun.

“Hari ini (dan besok) kami lakukan kick-off inkubasi bisnis lewat program LINK KITA yang baru saja kita launching. Dari 50 peserta, nanti kita ambil 25 untuk dapatkan fasilisitas inkubasi seperti mentoring, pelatihan, hingga perluasan pasar  produk mereka selama 6 bulan ke depan,”kata Kepala Dikuperin Pacitan Prayitno, Sabtu (22/6/2024).

Pada kegiatan kick-off tersebut, calon peserta dimentori langsung oleh leaders dan business developer dari lembaga Eureka Mahardika Muhammad Genta Mahardhika.

Eureka Mahardika adalah sebuah perusahaan yang aktif membantu para calon profesional maupun mereka yang sudah profesional dalam melatih kemampuan kepemimpinan, komunikasi, serta konsultasi manajemen SDM dan pemasaran.

“Dari program inkubasi bisnis ini, diharapkan akan muncul entreprenur yang tangguh, inovatif, kreatif,”harap Prayitno.

No More Posts Available.

No more pages to load.