Aksi Bersih Kali, Upaya Warga Desa Sukoharjo Pacitan Hadapi Musim Kemarau

oleh -230 Dilihat
Aksi Bersih Kali, Upaya Warga Desa Sukoharjo Pacitan Hadapi Musim Kemarau. (Foto: Julian Tondo/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN –  Musim kemarau sudah tiba, dan diperkirakan pada tahun ini potensi kemarau panjang akan melanda disejumlah tempat khususnya wilayah kabupaten Pacitan.

Desa Sukoharjo, kecamatan/kabupaten Pacitan, wilayah yang di aliri oleh sungai njelok, dalam upayanya menghadapi musim kemarau melakukan aksi bersih kali.

Mengawali kegiatan bersih kali, warga bersama pemuda desa membuat sebuah perahu dari bambu, kemudian perahu tersebut digunakan menyusuri sungai untuk membersihkan sampah di sepanjang kali njelok.

Selain sampah anorganik, warga juga membersihkan bambu-bambu dan pohon pohon yang tumbang menghalangi aliran sungai.

“Bersih kali ini dilakukan untuk menghadapi kemarau, karena dalam musim kemarau, warga akan membendung kali agar menjadi tampungan air untuk pertanian,”kata Takim, salah satu warga, Senin (27/5/2024).

Bersih kali tersebut berfungsi  agar tampungan air di sungai pada musim kemarau dapat maksimal. Serta nantinya jika musim hujan datang tidak terjadi banjir.

“Saya dan teman teman ikut membantu untuk bersih bersih kali. Senang bisa terjun ke sungai dari perahu bambu,”kata Raffi Suro, salah satu pemuda desa Sukoharjo.

No More Posts Available.

No more pages to load.