Polres Pacitan Siapkan Operasi Cooling System Jaga Kondusifitas Pilbup Pacitan

oleh -721 Dilihat
COOLING SYSTEM. Kapolres pada Senin (20/5/2024) usai coffee morning bersama awak media se-Kabupaten Pacitan di halaman wingking (halking) rumah dinas Kapolres Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pacitan AKBP Agung Nugroho mengajak semua pihak untuk menjaga kondusifitas kontestasi pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Pacitan tahun 2024.

Hal itu disampaikan Kapolres pada Senin (20/5/2024) usai coffee morning bersama awak media se-Kabupaten Pacitan di halaman wingking (halking) rumah dinas Kapolres Pacitan.

Kapolres menyebut menjaga kondusifitas menjadi tugas semua pihak, termasuk TNI dan Polri.

“Pastinya nanti bakal calon kepala daerah kedepan juga akan mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) ke Polres Pacitan, sehingga akan kita kawal dan amankan,”katanya.

Tugas Polri dan TNI, kata Kapolres adalah menjaga situasi Pilkada tetap kondusif, meski memang tensi mulai menghangat saat mendekati Pilkada.

Untuk itu, pihaknya juga akan menggelar operasi cooling system.

“Kita akan lakukan operasi cooling system, dimana (kita) mendinginkan situasi, karena memang saat Pilkada tensinya akan naik, hangat, sehingga kita tetap berupaya dengan tindakan preventif bagaimana tetap kondusif, jadi walaupun (suasana) hangat, tetapi tetap aman,”jelas Kapolres.

Menjaga suasana tetap dingin alias cooling system, kata Kapolres, adalah hal yang akan dilakukan jajarannya di Pilkada Pacitan sampai dengan tahapan usai.

“Kita menjaga situasi tetap aman, kondusif, dalam tanda kutip adalah dingin, cooling system, jadi walaupun ‘kompornya’ disini sudah dinyalakan kita kasih es biar dingin,”tandasnya.

Secara khusus, Kapolres juga mewanti-wanti anggota Polri untuk tetap menjaga netralitas dalam setiap tahapan Pilkada.

“Saya juga sampaikan kepada anggota saya tetap netral, aturan yang ada dan tidak diperbolehkan jangan dilakukan, kalau tidak diperbolehkan undang-undang, jangan dilakukan, misalnya selfie dengan para calon kepala daerah, dan sebagainya,”pungkasnya.

Sebagai informasi, pemungutan suara Pilkada serentak tahun ini dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu, 27 November 2024.

Namun tahapan telah dimulai sebelum tanggal itu, seperti pendaftaran Pasangan calon pada Selasa, 27 Agustus 2024 sampai Kamis, 29 Agustus 2024, penetapan pasangan calon pada Minggu, 22 September 2024.

Selanjutnya pelaksanaan kampanye pada Rabu, 25 September 2024 sampai Sabtu, 23 November 2024, dan pelaksanaan pemungutan Suara pada Rabu, 27 November 2024

Tahapan kemudian dilanjutkan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Rabu, 27 November 2024 sampai Senin, 16 Desember 2024.

No More Posts Available.

No more pages to load.