Imbas Laka Maut di Subang, Dindik Pacitan Imbau Sekolah Evaluasi Pelaksanaan Study Tour

oleh -1213 Dilihat
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan Budiyanto. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah pemerintah daerah kini mengevaluasi dan bahkan membatasi pelaksanaan study tour atau perjalanan pariwisata bagi siswa.

Hal ini dilakukan usai kecelakaan maut bus yang membawa rombongan siswa SMK Linggar Kencana di Ciater, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (11/5/2024) lalu.

Akibat insiden ini, satu guru, sembilan murid, dan seorang pengendara motor dilaporkan meninggal dunia. Sementara puluhan orang lainnya terluka.

Untuk mencegah hal serupa terjadi, beberapa pemerintah daerah serta dinas pendidikan memutuskan mengevaluasi dan bahkan juga membatasi perjalanan study tour ke luar kota.

Di Pacitan, dinas pendidikan juga telah mengimbau kepada semua satuan pendidikan terkait pelaksanaan outing class atau study tour.

“Kami juga telah menghimbau kepada semua satuan pendidikan untuk mengevaluasi terkait kegiatan outing class atau bentuk study tour yang telah direncanakan,”kata Kepala Dindik Pacitan Budiyanto, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Jumat (17/5/2024).

Lebih lanjut, Budiyanto mengungkapkan evaluasi yang dimaksud adalah terkait keamanan dan keselamatan peserta didik.

“Satuan pendidikan harus mengevaluasi terkait aspek keamanan dan keselamatan pada saat kegiatan dilakukan. Harus mengutamakan keamanan dan keselamatan peserta,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.