Pemkab Pacitan Berangkatkan 306 Calon Haji Menuju Tanah Suci Mekkah

oleh -463 Dilihat
KE TANAH SUCI. Pelepasan rombongan calon haji dilakukan di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Senin (13/5/2024). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan memberangkatkan 306 jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang 15 bersama rombongan dari kabupaten dan kota lain di Jawa Timur menuju Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi.

Seremoni pelepasan rombongan calon haji dilakukan di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Senin (13/5/2024) malam.

Mereka diberangkatkan menggunakan tujuh bus dengan tujuan Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan Mutongin mengatakan 306 calon haji dari Pacitan tahun ini terdiri dari 136 laki-laki dan170 perempuan.

“Untuk tahun ini kita pemberangkatan hanya sekali sebanyak 306 jemaah, dari 306 jemaah calon haji, Jemaah tertua berusia 87 tahun, dan yang paling muda 20 tahun,”kata Mutongin.

Adapun usia rata-rata Jemaah tersebut, kata Mutongin adalah usia lanjut. Namun dirinya meyakini kesehatan para jamaah bisa diandalkan untuk bisa melaksanakan ibadah haji.

Usai diberangkatkan dari Pendopo, Mutongin mengatakan 306 jemaah tersebut akan terbang menuju ke tanah suci pada Rabu (15/5/2024) pagi.

“Pada Senin malam ini kita lepas ke Surabaya, kemudian sampai di asrama haji pada Selasa (14/5/2024) jam 8 pagi, kemudian terbang ke tanah suci pada Rabu (15/5/2024) pagi pukul 05.30 WIB di kelompok terbang 15,”jelasnya.

Para jemaah tersebut, imbuh Mutongin, dijadwalkan kembali ke Pacitan pada Rabu (26/6/2024) bulan depan.

Untuk memperlancar ibadah haji, Mutongin menuturkan pihaknya juga memberikan pendampingan kepada para calon haji, baik dari tenaga kesehatan, petugas haji hingga pembimbing.

“Insyaallah semua Jemaah calon haji akan didampingi petugas haji daerah, petugas kloter, dan kemudian tenaga kesehatan 3 dengan rincian dokter 1 dan perawat 2, serta satu pembimbing haji,”tandas Mutongin.

Lebih lanjut, Mutongin mengungkapkan 306 jemaah calon haji tersebut dalam kondisi sehat dan siap melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

“Alhamduillah secara kesehatan semua (jemaah) sehat, semuanya insyaallah siap berangkat ke tanah suci, kita juga siapkan nakes, sehingga insyaallah masalah kesehatan Jemaah bisa teratasi, dan kami yakin di Arab Saudi juga fasilitas kesehatan memadai,”pungkasnya.

Sebagai informasi, pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia ke Tanah Suci dibagi ke dalam dua gelombang, yaitu gelombang I yang diberangkatkan pada periode 12-23 Mei dan gelombang II  yang diberangkatkan pada 24 Mei-10 Juni.

Jemaah haji gelombang I akan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, sedangkan gelombang II akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

No More Posts Available.

No more pages to load.