Terjadi Pencurian Kabel Listrik di Pacitan, Masyarakat Diminta Waspada Oknum Tanpa Identitas PLN

oleh -716 Dilihat
CEK KABEL HILANG. Petugas PLN Pacitan mengecek kabel trafo milik PLN yang hilag dicuri. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PONOROGO –  Kejadian yang sangat disayangkan terjadi di wilayah kerja PLN ULP Pacitan, dilaporkan bahwa telah terjadi pencurian kabel listrik di 6 titik lokasi, 2 titik di Kecamatan Donorojo yaitu Desa Druju dan Belah, dan 4 titik di Kecamatan Pringkuku yaitu Desa Ngadirejan, Gondang, dan 2 titik di Dadapan.

Pencurian ini memiliki dampak yang merugikan untuk masyarakat yaitu padamnya listrik dan membahayakan keselamatan warga.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Manajemen PLN telah melaporkan dan berkoordinasi dengan Polres Pacitan.

Dilaporkan jenis kabel yang dicuri adalah NYY 1X150 dengan panjang 144 meter dan kabel NYY 4X70 dengan panjang 20 meter.

“Pencurian kabel listrik tidak hanya merugikan PLN, namun juga masyarakat karena keandalan listrik terganggu, dan bisa menyebabkan bahaya kelistrikan untuk masyarakat di sekitar lokasi,”kata Manager PLN UP3 Ponorogo, Suzana Zein, Selasa (12/3/2024).

Baca juga: Polisi Buru Pelaku Pencurian Kabel Trafo PLN di Pacitan

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak berwajib baik kepolisian, koramil, hingga para tokoh masyarakat.

Termasuk melakukan investigasi di sekitar lokasi pencurian dengan harapan menemukan CCTV untuk melakukan pelacakan.

Untuk menjaga dan mengantisipasi agar kejadian tidak terulang, Suzana berharap dukungan masyarakat untuk saling menjaga dan berkoordinasi dengan PLN serta pihak berwajib jika menemukan kegiatan yang mencurigakan disekitar jaringan PLN.

Masyarakat diharapkan dapat membantu PLN dengan melapor apabila melihat gelagat mencurigakan di sekitar aset PLN.

Jika terdapat petugas dan kendaraan operasional yang tidak menggunakan atribut atau identitas resmi PLN, tanyakan surat tugas pelaksanaan pekerjaan dan identitasnya.

Suzana mengatakan, apabila orang tersebut tidak bisa menunjukkan keduanya, maka Masyarakat dihimbau untuk segera melapor ke Kantor PLN terdekat, contact center PLN 123, aplikasi PLN Mobile, atau pihak berwajib.

Pada saat ini seluruh jaringan listrik yang terdampak akibat kejadian pencurian tersebut sudah berhasil diperbaiki kembali sehingga pasokan listrik untuk masyarakat dapat kembali normal.

No More Posts Available.

No more pages to load.