Potret Pemilu 2024 di Pacitan: Pasar Jadi Lokasi TPS, Warga Antusias Nyoblos

oleh -314 Dilihat
SEMARAK PEMILU. TPS 01 di Desa Mangunharjo menggunakan pasar Pradah sebagai lokasi TPS. (Foto: Diana Maharani/Pacitanku)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Masyarakat Pacitan mengekespresikan pesta demokrasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan pasar sebagai lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari, Pacitan.

Jika biasanya sekolah, balai desa atau balai dusun digunakan sebagai TPS, TPS 01 di Desa Mangunharjo menggunakan pasar Pradah sebagai lokasi TPS.

Ketua KPPS Desa Mangunharjo, Bramono saat ditemui Pacitanku.com, Rabu (14/2/2024) mengatakan pemilihan tempat ini memliki alasan yang sudah dipertimbangkan oleh para petugas KPPS.

“Pemilihan tempat ini bertujuan mempermudah warga dalam menyalurkan suaranya, pasalnya pasar ini lebih dekat dengan pemukiman warga, karena wilayah Dusun Karanganyar ini ada 3 RT, kebetulan RT itu yang paling banyak warganya itu dekat pasar,”kata Bramono.

“Kalau di Balai Dusun  kebetulan Balai Dusun itu sudah dekat dengan Balai Desa Mangunharjo wilayah Krajan. Jadi kita arahkan kesini bahkan ini sudah mulai tahun 2019 kemarin pilihan Bupati itu ya di pasar ini,”imbuh dia.

Bramono mengatakan warga juga antusias saat mendatangi TPS untuk memberikan hak pilihnya. Tidak ada kendala dan pemilihan berjalan dengan lancar, meskipun dengan lokasi yang tidak sesuai dengan TPS pada umumnya.

“Alhamdulillah dari tadi pagi tingkat kehadiran sampai siang ini sudah mencapai sekitar 76% dari daftar pemilih tempat yang hadir. Saya selaku panitia pemungutan suara kendala ataupun temuan-temuan yang bersifat agak menyimpang dari koridor tidak ada,”ujar dia.

Warga setempat, Gibas, juga merasa nyaman menyoblos di TPS Pasar ini karena tempatnya luas dan warga juga tidak desak desakan saat antri bergilir menyalurkan suaranya.

‘’Ya nyaman nyaman aja mbak ini kan tempatnya luas warga juga nyaman kalau antri tidak takut akan desak desakan,”kata Gibas.

No More Posts Available.

No more pages to load.