Peternak di Pacitan Diimbau Waspada Penyakit yang Sering Menjangkiti Hewan Ternak Saat Musim Hujan

oleh -490 Dilihat
Peternak di Pacitan Diimbau Waspada Penyakit yang Sering Menjangkiti Hewan Ternak Saat Musim Hujan. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Memasuki musim penghujan yang mulai intens saat ini beragam hal perlu disiapkan.

Bagi masyarakat Pacitan yang memiliki ternak, perlu memahami berbagai penyakit yang dapat menjangkiti saat musim penghujan.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Pacitan, Mahendra Setyo Hantoro menjelaskan pentingnya mewaspadai perubahan musim dari kemarau ke musim penghujan bagi peternak di Pacitan.

“Mengingat kondisi sudah memasuki musim penghujan, peternak di Pacitan tetap harus waspada dengan kondisi hewan ternak,”kata Mahendra, Sabtu (20/1/2024) di Pacitan.

Lebih lanjut, Mahendra juga menjelaskan setidaknya terdapat tiga penyakit yang umum ditemui saat musim penghujan.

“Diantaranya peternak dapat mewaspadai beberapa penyakit yang ada di musim penghujan. Seperti penyakit tipani atau kembung pada hewan, yang disebabkan perubahan pakan hewan ternak,”papar dia.

Lebih lanjut, pria kelahiran Ponorogo ini juga menjelaskan keracunan pada hewan dapat diakibatkan adanya salah memberi makan ternak.

“Selanjutnya, keracunan pada hewan ternak yang disebabkan tumbuhan atau tanaman yang mengantung getah seperti ketela,”tandasnya.

Yang ketiga, kata Mahendra, penyakit demam tiga hari pada ternak juga sangat mungkin menjangkiti hewan ternak saat musim penghujan.

“Hal ini disebabkan cepat berkembangnya virus dan bakteri saat musim penghujan,”pungkasnya.