DAMRI Resmi Buka Rute Baru Tulungagung-Pacitan Lewat JLS dan Pantai Soge

oleh -9207 Dilihat
RUTE BARU. Petugas Dishub Pacitan mengatur lalu lintas DAMRI di terminal Ngadirojo pada Sabtu (13/1/2024). (Foto: Sudarsono/Pacitanku)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya resmi membuka trayek baru angkutan perintis bus Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) via Jalur Lintas Selatan (JLS) Tulungagung-Trenggalek-Pacitan.

Rute baru trayek Damri dengan armada Toyota Hiace itu mulai berjalan perdana pada Sabtu (13/1/2024). Adapun rute baru ini menghubungkan tiga Kabupaten di pesisir Selatan, yakni Pacitan-Trenggalek-Tulungagung. Yang cukup menarik, rute ini juga menyusuri Pantai di Pacitan, salah satunya Pantai Soge.

Adapun rute baru Damri dari Stasiun Kereta Api (KA) Tulungagung ke Terminal Pacitan diawali dari Stasiun KA Tulungagung, kemudian menuju ke Terminal Gayatri, menuju Pasar Pon, kemudian Pasar Karangan, menuju Pasar Dongko, dilanjutkan ke terminal Panggul, menuju ke terminal Ngadirojo Lorok, menuju Pantai Soge dan berakhir di terminal Pacitan. Untuk tarifnya mulai Rp 18 ribu.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan Joko Putro Utomo, trayek baru ini juga terintegrasi dengan trayek lama dari Madiun ke Pantai Klayar.

“Pada hari ini, Sabtu (13/1/2024), alhamdulillah kabupaten pacitan sudah di buka trayek baru Damri dari stasiun tulungagung ke terminal Pacitan melalui, JLS, trayek ini terintegrasi juga dengan trayek yang ada dari madiun ke Pantai Klayar,”kata pria yang akrab disapa Joko ini, saat pendampingan trayek perdana Damri rute Tulungagung-Pacitan pada Sabtu (13/1/2024) di terminal Ngadirojo.

Lebih lanjut, Joko berharap dengan dibukanya trayek baru Damri ini bisa mengangkat perekonomian dan pariwisata di Pacitan.

“Mudah-mudahan dengan dibukanya trayek Tulungagung ke Pacitan lewat JLS, bisa menambah atau mengangkat perekonomian dan wisata di Pacitan, terimakasih, selamat dan sukses,”pungkasnya.

Sebelumnya DAMRI telah melayani trayek dengan rute dari Madiun via Ponorogo ke Pantai Klayar dan Goa Gong, Pacitan.

Rute ini berangkat dari Stasiun KA Madiun, Stasiun KA Magetan, Desa Temboro, Terminal Bus Maospati, Pasar Gorang gareng, Mal PCC, DAMRI Ponorogo, Terminal Bus Pacitan, Goa Gong, dan Pantai Klayar. Tarifnya mulai Rp 25 ribu.