Peringati Dua Abad, DPRD Pacitan Harapkan Tremas Jadi Rujukan Ponpes Nasional

oleh -133 Dilihat
KHIDMAT. Suasana peringatan dua abad Pondok Pesantren Tremas pada bulan Desember 2023. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Komisi I DPRD Pacitan Arifin memiliki harapan khusus dalam peringatan dua abad Pondok Pesantren (PP) Tremas, Arjosari, Pacitan.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap peringatan 2 abad ini menjadikan salah satu pondok tertua di pulau Jawa tersebut semakin mengakar dan menyebar. Di sisi lain, Arifin juga berharp peran serta pondok Tremas dalam membangun pendidikan islam di nusantara.

“Pertama mengucapkan selamat dua abad ponpes tremas, semoga di usi yang 200 tahun ini Ponpes Tremas dapat menjadi teladan bagi pondok-pondok yang lain dalam mendidik santri yang ahli dalam ilmu agama, memiliki karakter dan cinta NKRI,”kata Arifin dalam keterangannya, Sabtu (30/12/2023) di Pacitan.

Lebih lanjut, mantan Kepala Desa (Kades) Sirnoboyo ini mengatakan alumni PP Tremas yang telah tersebar di berbagai pelosok negeri tentunya semakin mengokohkan pondok Tremas sebagai pondok yang menasional.

“Alumni Pondok Tremas sudah tersebar di pelosok negeri bahkan luar negeri juga telah melahirkan tokoh lokal maupun nasional,”imbuh dia.

Selain itu, Arifin juga berharap PP Tremas tetap mampu menjaga tradisinya sebagai pondok Salaf namun tidak menutup diri akan kemajuan ilmu teknologi.

Anggota Komisi I DPRD Pacitan Arifin. (Foto: Istimewa)

“Sehingga para santri yang telah meninggalkan pondok memiliki ilmu agama dan kemampuan teknologi yang siap terjun ditengah-tengah masyarakat luas,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Peringatan 2 Abad Perguruan Islam Pondok Tremas akan berlangsung mulai 21 hingga 28 Desember 2023. Berbagai acara sudah disiapkan diantaranya, istighosah kubro dari Tremas untuk dunia.

Kemudian juga ada festival media pondok Jatim, halaqoh fiqih peradaban, rekor Muri pembacaan shalawat badar, madang gedhen, haul akbar dan launching kitab Miftahul Mannan dan silaturahmi Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Dr. M. Fadhil Imran, M.Si.

Adapun puncak acara adalah Attarmasi Award, Dimana penghargaan diberikan kepada ulama, cendekiawan dan alumni yang telah berkontribusi nyata dalam melakukan transformasi peradaban dan dakwah Islam dalam kancah nasional maupun internasional.

Terdapat 7 kategori award diantaranya, kategori penghargaan khusus diberikan kepada muassis dan masyayikh Perguruan Islam Pondok Tremas serta kategori tokoh pesantren diberikan kepada tokoh dengan dedikasi perjuangan yang menginspirasi serta memiliki pengaruh luas bagi santri, alumni maupun masyarakat secara umum.

Video Pondok Tremas dan Dakwah Islam di Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.