Kenali Jenis Gula yang Ada di Pasaran dan Ketahui Kegunaannya

oleh -453 Dilihat
Foto: www.pexels.com

Pacitanku.com, PACITAN — Suka dengan masakan manis atau kue dan cake? Saat memasak Anda harus tahu berbagai jenis gula yang ada di pasaran. Masing-masing gula ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda sehingga jangan sampai Anda salah pakai saat sedang memasak.

Banyak diantaranya mungkin sudah tidak asing lagi karena Anda pasti sering menggunakannya untuk mempermanis minuman. Mulai dari gula pasir, gula merah sampai batu, ada begitu banyak macam yang bisa Anda kenali.

Kenali Jenis Gula yang Ada di Pasaran dan Ketahui Kegunaannya

Saat mempelajari macam-macam gula, tetap perhatikan jumlah konsumsi per harinya. Kemenkes telah memberikan anjuran konsumsi yaitu 50 gram per harinya yang setara dengan 5 hingga 9 sendok teh. Hati-hati saat mengonsumsi berlebihan karena risiko diabetes yang sangat berbahaya.

Berikut ini beberapa macam gula yang bisa Anda peroleh langsung di pasaran.

1. Gula Pasir

Bahan utamanya adalah air tebu yang diproses menjadi kristal kasar. Kegunaan utamanya adalah untuk pemanis minuman dan perasa makanan. Selain itu gula pasir juga bisa digunakan untuk meningkatkan massa pada makanan kemasan dan fermentasi. Bagi orang yang mengalami diabetes melitus, gula pasir tidak disarankan.

2. Gula Aren

Dibuat dari nira pohon enau yang telah direbus terlebih dahulu sampai berubah warna kemudian dicetak. Saat ini gula aren sangat terkenal karena digunakan sebagai pemanis kopi. Berbentuk bubuk kristal, silinder atau bulat pipih, di mana produknya mudah dibeli seperti di Blibli.

Jika Anda ingin menggunakannya sebagai campuran masakan, di Blibli tersedia juga gula aren berbentuk cair yang mudah larut. Gula yang bagus untuk usus sehingga menjaga pencernaan ini bisa Anda beli dengan harga murah di Blibli.

3. Gula Merah

Sama seperti gula pasir, gula merah juga banyak dimanfaatkan untuk makanan. Bentuknya mirip dengan gula aren ada yang silinder atau setengah lingkaran. Gula ini dihasilkan dari nira pohon kelapa dan disebut juga sebagai gula jawa. Gula ini bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah anemia.

4. Brown Sugar

Masih dengan jenis gula yang berwarna coklat, gula ini dibuat dari gula putih yang mendapatkan tambahan mola sehingga warnanya menjadi coklat. Manfaat utamanya adalah sebagai sumber energi, dan lebih banyak digunakan untuk membuat cake atau kue kering.

5. Gula Palem

Dihasilkan dari nira pohon palem yang kemudian dikristalisasi. Bentuknya sendiri kristal seperti gula pasir namun lebih kasar. Kandungan vitamin dan mineralnya cukup tinggi dibandingkan gula lainnya. Mirip brown sugar yang kegunaannya untuk berbagai jenis kue.

6. Gula Jagung

Ada juga gula putih yang didapatkan dari jagung giling dan diolah lagi menjadi bentuk sirup. Indeks glikemik gula ini juga cukup tinggi sehingga konsumsinya tidak boleh berlebihan. Lebih sering digunakan untuk pembuatan kue, cake dan jajanan bercita rasa manis.

7. Gula Batu

Bentuk dari gula ini kristal besar mirip dengan batu. Rasanya tidak terlalu manis dan sering digunakan untuk pemanis minuman hangat. Manfaat utamanya adalah sebagai penambah energi tubuh dan lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan gula lainnya.

Anda yang tidak ingin terkena diabetes bisa mengganti konsumsi gula pasir dengan gula batu ini. Harganya memang lebih mahal dibandingkan gula pasir.

Mengenal berbagai jenis gula membuat Anda tidak akan salah lagi untuk memilih. Khususnya untuk gula aren yang sulit dibedakan dengan gula jawa. Supaya tidak salah beli Anda bisa mendapatkannya melalui Blibli yang menyediakan gula aren asli dengan berbagai bentuk dan harga.