Indahnya Karya Mural Bertema ‘Segoro Gunung’ di Kawasan Pantai Pancer Door Pacitan

oleh -2625 Dilihat
Indahnya Karya Mural Bertema ‘Segoro Gunung’ di Kawasan Pantai Pancer Door Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Masyarakat yang akan berkunjung ke Pantai Pancer Door, Kecamatan Pacitan dimanjakan dengan kesenian lukisan di tembok menuju kawasan wisata tersebut. Lukisan mural tersebut adalah buah karya kolaborasi para perupa dan seniman dari Pacitan dan DI Yogyakarta.

Sejumlah lukisan mural itu seperti gambar penyelam, terumbu karang hingga ekosistem laut yang dilukis secara indah oleh para seniman mural dari Pacitan dan Jogja.

Adapun seniman yang terlibat diantaranya adalah Nano Warsono (DI Yogyakarta), Yanal Desmond (DI Yogyakarta), Antino Restiaji (DI Yogyakarta), Setiyono B Sampurno (Pacitan), Kus Hervida (Pacitan), Kus Hervica (Pacitan), Pratanda Fillahi (Pacitan), Fals Dani Alvan (Pacitan), dan Yogi Bayu (Pacitan).

Koordinator dan juga penggagas kegiatan, Abdillah Yusuf, Selasa (19/12/2023) di Pacitan mengatakan, kegiatan itu menjadi cara dari para perupa untuk mengangkat isu tentang ekosistem laut yang penting untuk dilestarikan.

Koordinator dan juga penggagas kegiatan lukis mural di Pacitan, Abdillah Yusuf. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

“Temanya kali ini ‘segoro gunung‘, kita mau mengangkat dan berbicara ekosistem laut dan ekosistem gunung, bahwa laut itu penting, laut itu punjere, kita itu berdekatan dengan laut, tetapi kadang tidak punya budaya maritim, lha dengan seperti itu maka menjaga ekosistem laut menjadi langkah nyata,”kata pria yang juga seniman tersebut.

Baca juga: Komunitas Perupa Pacitan dan Jogja Kampanyekan Kelestarian Laut dengan Seni Mural

Lebih lanjut, Yusuf mengatakan cara melukis mural ini juga sebagai upaya untuk mendidik masyarakat akan pentingnya ekosistem laut. Terlebih, Pacitan memiliki garis Pantai yang cukup panjang, lengkap dengan segala potensi lautnya.

“Dalam mendidik masyarakat kan medianya macem-macem, dan mengingatkan paling gampang adalah dengan gambar, agar semua orang tahu dengan begitu akan terlibat langsung menggambar ini,”tandas dia.

Di sisi lain, Yusuf mengungkapkan kegiatan ini juga sebagai upaya transfer pengetahuan para perupa lokal pacitan dan perupa luar.

“Penting ada transfer knowledge ketika teman-teman dari luaran, berbagi pengetahuan dan jaringan, ini yang penting dan pengen kami terus lakukan buat teman-teman supaya terus bersemangat,”papar dia.

Secara khusus, Yusuf juga berharap kedepan supporting dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus dilakukan kepada para perupa untuk berkarya. “Kami harapkan pemerintah kedepan juga terus hadir dalam mensupport seniman,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.