Libatkan Seluruh Stakeholder, DPRD Harapkan Raperda Inisiatif Desa Wisata di Pacitan Berjalan dengan Baik

oleh -3195 Dilihat
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan membahas dan menetapkan 4 raperda inisiatif baru-baru ini. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan mengharapkan pembahasan sejumlah rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif yang telah dimulai pada November 2023 lalu bisa berjalan dengan baik, salah satunya pembahasan Raperda inisiatif desa wisata.

Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono mengatakan pembahasan 4 Raperda inisiatif tersebut dimulai sejak 20 November hingga 30 November 2023.

Adapun 4 raperda inisiatif itu adalah Raperda tentang Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Raperda tentang Kabupaten Layak Anak, Raperda tentang Desa Wisata, dan Raperda tentang Penyelenggaraan Jalan Daerah.

“Karena sifat raperda itu adalah fasilitasi gubernur, maka pada tanggal 30 November yang lalu itu kita kirimkan kepada biro hukum Provinsi Jawa Timur untuk dicek,”kata Ronny, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Jumat (8/12/2023) di Pacitan.

Adapun tahapannya, imbuh dia, setelah fasilitasi turun, akan direvisi kembali sesuai dengan fasilitasi gubernur. Namun demikian, DPRD saat ini masih menunggu hasil dari fasilitasi gubernur.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono memberikan sejumlah pesan dan harapan terkait aspirasi yang disampaikan sebanyak 35 guru non Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

“Kemudian kita paripurnakan, dan kita belum ada informasi kapan fasilitasi gubernur tersebut akan turun, adi untuk sementara ini kita masih menunggu,”tandas legislator Partai Demokrat (PD) itu.

Khusus pembahasan tentang raperda inisiatif desa wisata, Ronny mengatakan saat ini sudah berjalan dengan baik. Dalam prosesnya, imbuh dia, juga sudah mengundang seluruh stakeholder.

“Termasuk kemarin juga (mengundang) ada pokdarwis, lalu juga kepala desa terkait, ya jadi kita sudah melibatkan sebanyak mungkin para dunia usaha maupun juga para masyarakat para pemerintah desa dan sebagainya,”papar dia.

Sehingga, Ronny berharap pembahasan Raperda inisiatif desa wisata bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Harapannya apa yang menjadi raperda inisiatif tentang desa wisata negeri bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa terlaksana dengan baik,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.