Pemuda Muhammadiyah Tegalombo Launching Beasiswa Pada Diklatsar Kokam 2023

oleh -904 Dilihat
Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan Pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) pada Jumat (24/11/2023) di Kecamatan Tegalombo, Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Pimpinan Cabang (PC) Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan Pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam).

Kegiatan itu digelar pada pada Jumat (24/11/2023) di Kecamatan Tegalombo, Pacitan.

Ketua PC Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Tegalombo M. Khomarudin mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 95 peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pacitan.

Mengusung tema “Menjaga Pancasila Untuk Indonesia Berkemajuan” Khomarudin mengatakan Acara ini bukan hanya sekadar rutinitas kegiatan organisasi, melainkan momentum penting dalam membangun kader militan yang tidak hanya berkutat dalam lingkup Muhammadiyah, tetapi juga sebagai kader ummat dan kader bangsa yang berkualitas.

Selain itu, kata dia, dalam upaya mencetak kader yang memiliki semangat tinggi untuk membawa perubahan positif, Diklatsar tersebut diharapkan dapat menjadi batu pijakan kokoh untuk pembentukan karakter Kader Berkemajuan.

“Peserta yang berasal dari perwakilan setiap kecamatan di Kabupaten Pacitan dipersiapkan untuk menjadi agen perubahan yang mampu membawa dampak positif bagi masyarakat luas,”ujarnya.

Khomarudin mengatakan acara ini bukan semata sebagai wadah untuk menghasilkan kader-kader Muhammadiyah yang militan, tetapi lebih jauh dari itu mampu melahirkan kader yang tidak hanya terfokus pada satu organisasi atau komunitas.

“Tetapi juga memiliki kesadaran akan tanggung jawab yang lebih luas, yakni menjadi kader ummat dan kader bangsa yang bertanggung jawab,”tandas dia.

Launching beasiswa

Acara Diklatsar Kokam tidak hanya sekadar pertemuan antar-kader, melainkan juga waktu yang tepat untuk memberikan landasan bagi peluncuran inisiatif besar.

Salah satu inisiatif yang mendapat sorotan adalah Launching Beasiswa Kader Pemuda Muhammadiyah Tegalombo.

Langkah ini dipandang sebagai langkah konkret dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas serta berperan aktif dalam menjaga kedaulatan Pancasila sebagai dasar negara untuk mewujudkan Indonesia Berkemajuan.

“Program beasiswa ini adalah bentuk komitmen dalam menjalankan peran aktif kami untuk turut serta dalam upaya mencerdaskan bangsa. Ini adalah upaya kami untuk mewujudkan hak setiap warga Indonesia mendapatkan pendidikan yang sama,” tambah Khomarudin.

Beasiswa ini juga menjadi salah satu instrumen untuk mewujudkan amanat Undang-Undang Dasar bahwa pendidikan adalah hak semua warga negara.

“Dengan peluncuran beasiswa ini, diharapkan pemuda dari berbagai lapisan masyarakat dapat mengakses pendidikan yang berkualitas tanpa terhambat oleh kendala finansial,”ujar dia.

Lebih dari sekadar penyediaan bantuan keuangan, Beasiswa Kader Pemuda Muhammadiyah Tegalombo ini juga menciptakan lingkungan yang mendukung bagi pemuda-pemuda berbakat untuk berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa.

“Peran pemuda dalam memajukan pendidikan merupakan poin krusial dalam proses pembangunan bangsa. Komitmen dari organisasi seperti Pemuda Muhammadiyah dalam hal ini diharapkan menjadi contoh bagi organisasi lainnya untuk berperan aktif dalam menciptakan generasi muda yang cerdas dan berkontribusi serta tidak hanya berfokus pada semboyan dan yel-yel saja,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.