Datangkan Offtaker Luar Daerah, Dinkop Jembatani UMKM Pacitan Perluas Pasar

oleh -1631 Dilihat
Dinkop menghadirkan perwakilan Javenir sebagai offtaker yang bekantor pusat di Surakarta pada Rabu (22/11/2023) di aula PLUT KUMKM Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian kembali menggelar business matching untuk menjembatani usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pacitan memperluas pasarnya.

Kali ini, Dinkop menghadirkan perwakilan Javenir sebagai offtaker yang bekantor pusat di Surakarta pada Rabu (22/11/2023) di aula PLUT KUMKM Pacitan.

Manajer Marketing Pusat Javenir, Christian Alpha Nugroho saat dikonfirmasi mengatakan Javenir merupakan pusat oleh-oleh yang saat mempunyai cabang di Gunungkidul dan Tawangmangu.

“Pada kegiatan ini kami lebih banyak memberikan edukasi terkait standar-standar yang harus dimiliki seorang pelaku usaha. dari kualitas produk, administrasi, sampai tips negosiasi,”kata Alpha.

Sementara, kata dia, untuk mengajukan produk sendiri sebenernya harus ke kantor pusat kami di Solo.

“Tapi khusus hari ini karena kebetulan yang bagian produk dari solo juga hadir, kami arahkan untuk langsung prsentasi bagi produk-produk yang secara sekilas kami tertarik,”jelas dia.

Selain itu, Alpha mengatakan salah satu kriteria yang akan dipilih oleh Javenir adalah produk yang memiliki packaging dengan unsur tradisional. Tentunya selain dari kualiitas produk yang baik.

“Bahkan ada pelaku usaha yang membuat kemasan edisi khusus pariwisata, jadi menyesuaikan pasar yang akan ditarget. Oh iya, untuk sedikit bocoran, di wilayah Pacitan ini jujur kami sedang tertarik dengan produk ulahan ikan, untuk menambah atau melengkapi prduk yang ada di kami. Selain tentu melirik jenis produk lain,”jelas Alpha.

Dalam business matching ini diharapkan produk-produk UMKM Pacitan dapat diterima dan dijual di berbagai pusat oleh-oleh lokal maupun di luar daerah.

Semisal saat ini belum banyak yang dapat terserap dan diterima oleh para buyer diharapkan ada evaluasi dari para buyer terhadap produk UMKM Pacitan sehingga untuk waktu yang akan datang dapat meningkatkan daya saing produknya sehingga dapat diterima oleh para buyer.

No More Posts Available.

No more pages to load.