Selamat, Festival Ronthek Pacitan 2023 Masuk KEN Kemenpareraf RI dan Sukses Digelar

oleh -4025 Dilihat
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Pacitan atas kesuksesan festival Ronthek Pacitan dan masuk KEN. (Foto: Dok. Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Penyelenggaraan Festival Ronthek Pacitan 2023 yang pertama kalinya masuk Karisma Event Nusantara (KEN) sukses digelar.

Festival budaya yang digelar pada Sabtu (18/11/2023) dan Ahad (19/11/2023) diikuti 12 peserta dari 12 kecamatan.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Pacitan atas kesuksesan festival Ronthek Pacitan dan masuk KEN.

Dia juga mengajak masyarakat untuk mengangkat derajat ronthek hingga diakui hingga internasional.

“Alhamdulillah kita semuanya masih bisa menyelenggarakan ronthek di tahun 2023, Ronthek Pacitan berdampak baik dan sudah masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN),”kata Bupati Aji dalam sambutannya, Sabtu malam.

Atas kondisi itu, Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Pacitan, yang membuat ronthek masuk menjadi KEN.

“Ronthek menjadi KEN dan diakui oleh kemenparekraf dan Indonesia karena peran serta seluruh masyarakat Pacitan,”tandasnya.

Untuk itu, Bupati juga mengajak agar derajat ronthek di Pacitan tetap diakui secara nasional dan internasional.

“Mudah-mudahan kedepan festival ronthek akan semakin baik, perekonomian semakin tumbuh, akibat dampak dari festival yang diselenggarakan, salah satunya festival ronthek itu sendiri,”pungkasnya.

Sementara, Kadisparpora Pacitan Turmudi mengatakan dengan masuknya Ronthek dalam KEN 2023 ini bisa meningkatkan promosi festival asli Pacitan itu secara nasional dan internasional.

“Ronthek masuk KEN ini berkat support dorongan dari bapak ibu semuanya, KEN merupakan salah satu yang diharapkan sehingga ronthek ini dipormosikan secara nasional maupun internaisonal, dan semoga kedepan masih bisa ikut dalam KEN,”katanya.

Pada hari pertama Sabtu (18/11/2023), sebanyak 5 tim sukses menghibur masyarakat Pacitan, baik yang menonton langsung maupun melalui tayangan livestreaming via youtube Pemkab Pacitan dan Pacitanku.

Adapun lima penampil pertama tersebut adalah Ronthek Ceria Sinar Tanjung Kecamatan Pacitan, Ronthek Laskar Gajah Gumilap Kecamatan Arjosari, Ronthek Guntur Ulung Kecamatan Ngadirojo, Ronthek Laskar Neo Ronthektika Macan Ganjur Kecamatan Tulakan dan Ronthek Ndoro Bei Kecamatan Nawangan.

Pada hari kedua, Ahad (19/11/2023), sebanyak 7 tim ronthek kembali menghibur masyarakat Pacitan.

Adapun 7 tim ronthek itu adalah Ronthek laskar Bumi Banaran Donorojo, Ronthek Kendil Wesi Punung, Ronthek Kedaton Maron Pringkuku, Ronthek Dewandaru Sudimoro, Ronthek Laras Manunggal Kebonagung, Ronthek Sutononggo Tegalombo dan Ronthek Blandong Ori Bandar.

Dalam festival itu, masyarakat yang menonton membludak, baik yang menonton secara langsung maupun melalui layanan live streaming.

Pada tahun ini juga ada yang berbeda dari penyelenggaraan festival Ronthek, yaitu adanya pasar Krempyeng yang turut menyemarakkan jalannya festival.

Video Selamat, Festival Ronthek Pacitan 2023 Masuk KEN Kemenparekraf RI, ini Harapan Bupati

No More Posts Available.

No more pages to load.