Kemenparekraf RI Apresiasi Penyelenggaraan Festival Ronthek Pacitan 2023

oleh -1703 Dilihat
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengapresiasi penyelenggaraan festival ronthek Pacitan tahun 2023. (Foto: Dok. INB)

Pacitanku.com, PACITAN – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengapresiasi penyelenggaraan festival ronthek Pacitan tahun 2023.

Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kurleni Ukar, mewakili Menparekraf RI Sandiaga Uno dalam sambutannya menyambut baik digelarnya festival Ronthek Pacitan.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemda khususnya Disparbudpora Pacitan serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi bersinergi menyelenggarakan festival ronthek Pacitan 2023 yang tahun ini terpilih menajdi salah satu dari Karisma Event Nusantara (KEN),”kata Kurleni saat memberikan sambutan dalam pembukaan festival ronthek Pacitan, Sabtu (18/11/2023) di Pacitan.

Lebih lanjut, Kurleni menjelaskan bahwa KEN, merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sehingga seleksinya KEN ini melalui kurasi cukup panjang sehingga memang sangat sulit masuk ke KEN, ini luar biasa prestasi dari bapak Bupati jajaran, yang mengangkat potensi kekhasan dan nilai budaya menjadi unique selling point,”ujar dia.

Lebih lanjut, Kurleni mengungkapkan festival ronthek Pacitan 2023 ini sekaligus juga menjadi ajang promosi destinasi wisata di Pacitan agar lebih banyak dikenalkan ke masyarakat kabupaten lain.

“Melalui tema membangkitkan smeangat wairsan budaya dan nilai-nilai tradisi diharapkan semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakat Pacitan untuk terus membangun pariwisata dan ekonomi kreatif,”papar Kurleni.

Menurut dia, event festival ronthek Pacitan ini menjadi event yang potensial untuk dikembangkan dan diharapkan terus menerapkan inovasi adaptasi dan kolaborasi, gerap cepat (gercep), gerak bersama (geber) dan garap semua potensi (gaspol).

“Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan festival ronthek Pacitan sebagai upaya untuk mencapai target pergerakan wisatawan nusantara yang tahun ini ditargetkan mencapai 1,2 sampai 1,4 miliar perjalanan dan 8,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara,”jelas dia.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya event festival ronthek Pacitan semakin memotivasi kreativitas menguatkan citra ekonomi Parekraf Pacitan,”pungkas Kurleni.

Pada hari pertama Sabtu (18/11/2023), sebanyak 5 tim sukses menghibur masyarakat Pacitan, baik yang menonton langsung maupun melalui tayangan live streaming via youtube Pemkab Pacitan dan Pacitanku.

Adapun lima penampil pertama tersebut adalah Ronthek Ceria Sinar Tanjung Kecamatan Pacitan, Ronthek Laskar Gajah Gumilap Kecamatan Arjosari, Ronthek Guntur Ulung Kecamatan Ngadirojo, Ronthek Laskar Neo Ronthektika Macan Ganjur Kecamatan Tulakan dan Ronthek Ndoro Bei Kecamatan Nawangan.

Pada hari kedua, Ahad (19/11/2023), sebanyak 7 tim ronthek kembali menghibur masyarakat Pacitan.

Adapun 7 tim ronthek itu adalah Ronthek laskar Bumi Banaran Donorojo, Ronthek Kendil Wesi Punung, Ronthek Kedaton Maron Pringkuku, Ronthek Dewandaru Sudimoro, Ronthek Laras Manunggal Kebonagung, Ronthek Sutononggo Tegalombo dan Ronthek Blandong Ori Bandar.

Dalam festival itu, masyarakat yang menonton membludak, baik yang menonton secara langsung maupun melalui layanan live streaming.

Pada tahun ini juga ada yang berbeda dari penyelenggaraan festival Ronthek, yaitu adanya pasar Krempyeng yang turut menyemarakkan jalannya festival.

Video Live Streaming | Festival Ronthek Pacitan 2023 Hari ke-1, Sabtu (18/11/2023)

No More Posts Available.

No more pages to load.