Peserta Apresiasi Kegiatan Jelajah Terus untuk Edukasi Sejarah Pelajar di Pacitan

oleh -2818 Dilihat
JELAJAH EDUWISATA. Pengelola museum Song terus menggelar kegiatan eduwisata untuk anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat pada Sabtu (18/11/2023) di wilayah Punung. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PUNUNG – Peserta kegiatan eduwisata ‘Jelajah terus’ mengapresiasi kegiatan kegiatan eduwisata untuk anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat.

Kegiatan itu sendiri digelar oleh pengelola museum Song Terus Pacitan pada Sabtu (18/11/2023) di wilayah Punung.

“Kami berterima kasih kepada Museum Song Terus sudah mengundang kami. Kami tidak menyangka akan juara sebenernya, karena persiapan juga sebentar. Tetapi kami tetap memberikan yang terbaik. Anak anak juga meskipun panas terik ternyata sangat antusias karena tidak sekedar jelajah alam, tapi juga belajar sejarah,”kata pendamping peserta dari SMP PGRI Gendaran, Arinda saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu (18/11/2023) di Punung.

Baca juga: Tempuh Jarak 7 Kilometer, 80 Pelajar Ikuti Jelajah Terus untuk Kenalkan Budaya Prasejarah di Pacitan

Sementara, pendamping MTs Sekar Donorojo, Sekar Murni juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Sekar juga berharap tahun depan tidak hanya murid, melainkan para pendamping juga diikutsertakan sebagai peserta jelajah.

“Acaranya bagus mas, anak-anak tadi juga kelihatan semangat karena banyak yang baru tau juga sejarah purbakala yang ternyata ada di dekat mereka. Ya semoga acara jelajah song terus ini tetap dilaksanakan di tahun depan, dan masukan kami supaya para pendamping juga diikutkan,”ujarnya.

Pengelola museum Song Terus menggelar kegiatan eduwisata untuk anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat pada Sabtu (18/11/2023) di wilayah Punung.

Kegiatan bertajuk ‘Jelajah Terus’ tersebut digelar untuk mengenalkan anak-anak usia sekolah tentang budaya prasejarah di Pacitan.

Kepala unit museum Song Terus Punung, Albertus Nikko Suko Dwiyanto menuturkan kegiatan ini dinamakan Jelajah Terus karena anak-anak menjelajah situs-situs Sejarah yang ada di Pacitan, khususnya di wilayah Punung dan sekitarnya.

“Untuk pesertanya ada 80 anak usia SMP, ada 5 sekolah yang ikut yakni SMP Negeri 1 Donorojo, SMP Negeri 1 Punung, MTs Sekar Donorojo, SMP PGRI Gendaran dan SMP Cipta insani,”kata Nikko.

Dalam pelaksanaan yang digelar Sabtu kemarin itu, Nikko mengatakan konsep utamanya adalah agar bisa menyampaikan pembelajaran tentang informasi keberadaan situs-situs prasejarah di Pacitan.

Nikko mengatakan para peserta dengan semangat ikuti instruksi dari panitia jelajah. Dimana, kata dia, masing-masing sekolah mengirim 16 anak yang dibagi menjadi 2 regu, 8 putra 8 putri.

“Dengan total peserta 80 anak, menjelajahi rute sepanjang kurang lebih 7 kilometer mengikatri situs situs yang ada di sekitar museum. Pos satu adalah telaga Guyang Warak, pos dua mupakan situs song/goa keplek, kemudian pos tiga adalah situs Padangan, dan terakhir museum song terus sebagai titik start dan finish,”pungkasnya.

Video Museum Situs Song Terus Pacitan dan Jejak Sejarah Masa Lampau Gunung Sewu

No More Posts Available.

No more pages to load.