5 Pilihan Investasi untuk Pemula yang Mudah dan Aman

oleh -36 Dilihat

Pacitanku.com — Investasi memang punya manfaat yang besar untuk kondisi finansial di masa mendatang. Inilah yang kemudian membuat banyak orang mulai melakukan investasi untuk pemula khususnya anak-anak muda. Hal ini pun didukung dengan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengutip dari bisnis.solopos.com, data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan di Juli 2023 penduduk Indonesia yang menjadi investor di pasar modal berjumlah 11,42 juta investor atau sekitar 4,5%. Dari data tersebut kebanyakan mereka adalah generasi milenial dan generasi Z.

Nah, bagi Anda yang berniat ingin melakukan investasi tapi belum berpengalaman, sangat disarankan untuk memilih jenis investasi yang resikonya tidak terlalu besar agar lebih aman. Lantas apa saja pilihan investasi untuk pemula itu?

5 Pilihan Investasi untuk Pemula

Sebagai referensi, inilah beberapa pilihan investasi yang cocok untuk pemula:

1. Emas

Investasi ini sudah lama menjadi pilihan banyak orang bahkan sejak zaman orang tua kita. Alasannya selain tidak memerlukan modal besar (saat ini bisa dimulai dari 0,01 gram), emas sangat cocok dijadikan investasi jangka panjang karena cukup stabil dan tahan lama.

Sekarang untuk memulai investasi emas bukan hanya dengan membeli emas fisik dalam bentuk koin atau perhiasan saja. Anda bisa menggunakan platform online yang menyediakan pembelian emas dalam jumlah kecil.

2. Deposito Berjangka

Jika ingin investasi yang aman dan mudah, jangan lupakan deposito berjangka. Jenis ini merupakan bentuk simpanan uang di bank yang memiliki aturan sedikit ketat dibanding tabungan biasa.

Salah satunya Anda tidak bisa mengambil uang kapan saja jika memerlukannya karena ada jangka waktu minimal yang harus dipenuhi untuk bisa Anda mencairkan uangnya. Nominal uang untuk melakukan deposito dari berbagai bank beragam. Ada yang minimal Rp5.000.000, ada juga yang Rp10.000.000.

3. Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Berharga Nasional (SBN) merupakan investasi dalam bentuk surat utang yang bisa dibeli dari pemerintah. Jenis Surat Berharga Negara (SBN) yang bisa dipilih yaitu Obligasi Negara Ritel (Surat Utang Negara yang dijual ke investor ritel), Saving Bond Ritel (Obligasi negara), Sukuk tabungan (Surat Berharga Syariah Negara).

Jika ingin mencoba investasi untuk pemula ini Anda bisa memulai dari modal Rp1.000.000 saja dan keuntungan yang bisa diperoleh bisa lebih dari 6%. Keuntungannya lagi, akses untuk membeli SBN bisa dilakukan secara daring dan dijamin oleh pemerintah.

4. Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi dengan sistem mengumpulkan uang dari berbagai investor, kemudian dikelola oleh seorang manajer investasi berpengalaman. Nantinya investor bisa membeli unit reksadana yang tersedia dalam berbagai instrumen keuangan seperti obligasi, pasar uang, dan saham.  Investasi untuk pemula ini bisa dimulai dengan modal Rp10.000.

5. Peer to Peer Lending

Apa itu p2p lending? Peer to peer lending (P2P) yaitu jenis investasi di mana individu (pemilik modal) bisa  memberikan pinjaman kepada UMKM melalui platform online. Untuk menjadi investor tidak perlu memiliki modal besar. Anda bisa memulai dengan modal Rp100.000. Investor bisa memilih peminjam yang ingin mereka berikan pinjaman.

Sedangkan dari sisi peminjam juga bisa mengajukan pinjaman tanpa perlu ada jaminan, dilakukan dengan cepat dan mudah secara langsung kepada investor daripada harus membuat permohonan pinjaman ke bank

Keuntungan dari P2P lending ini memiliki potensi imbal hasil yang lebih besar dari pembayaran bunga secara rutin yang akan diterima investor. Tak heran jenis investasi ini sering dipilih untuk yang baru memulai investasi.

Investasi P2P Lending Aman di Amartha

Agar bisa berinvestasi P2P lending dengan aman, tentu Anda harus memilih platform yang memang terpercaya seperti Amartha. Amartha sudah berdiri sejak 2010 dan mengantongi izin usaha dan diawasi oleh OJK dan terdaftar di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Amartha merupakan prosperity platform yang mempunyai layanan keuangan digital yang bertujuan membangun ekonomi yang kuat untuk mewujudkan kesejahteraan merata. Amartha memiliki jenis investasi P2P lending untuk investor yang memberikan pinjaman ke pengusaha mikro dan kecil khususnya perempuan yang membuka usaha di pedesaan.

Sebagai bukti kinerja kami bertumbuh dengan baik, di tahun 2022 Amartha memperoleh penghargaan WEP (Women’s Empowerment Principles) yang berasal dari United Nations (UN) Women karena menjadi pelopor perusahaan yang memberikan dampak sosial serta peran aktif melakukan perubahan digital yang berkelanjutan bagi pengusaha UMKM perempuan.

Salah satu kelebihan menjadi pemodal di Amartha yaitu bisa memperoleh keuntungan 15% flat per tahun dan bisa dijadikan pendapatan pasif serta dicairkan tiap mingguan. Menarik bukan? Tunggu apa lagi, bergabung bersama Amartha sekarang juga!