Sukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Ketua DPRD Pacitan Jalani Tes Kesehatan dan Kebugaran

oleh -679 Dilihat
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono bersama Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pacitan Rudi Handoko mengikuti kegiatan implementasi Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) pada Jumat (3/11/2023). (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono bersama Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pacitan Rudi Handoko mengikuti kegiatan implementasi Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) pada Jumat (3/11/2023) di kawasan Pendopo Kabupaten Pacitan.

Ketua DPRD Pacitan mengikuti germas bersama Bupati Pacitan dan jajaran ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Acara ini merupakan salah satu implementasi kegiatan Germas yang di inisiasi dan digelar serentak diseluruh kabupaten/kota se-Jatim, oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Para peserta mengikuti rangkaian kegiatan seperti sosialisasi hidup sehat, cek kesehatan, dan tes kebugaran jasmani.

Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan program yang dicanangkan oleh kementrian kesehatan republik indonesia.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Terdapat beberapa implementasi program Germas, diantaranya melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.

Dalam kegiatan itu, Bupati bersama Ketua DPRD dan jajaran pejabat dan ASN mengawalinya dengan senam bugar dilanjutkan dengan makan buah bersama.

Selanjutnya peserta mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi cek tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Terakhir dilaksanakan tes kebugaran lari mengitari halaman pendopo 5 kali putaran dan jalan cepat 5 menit bagi yang risiko.