Pasarkan Produk Lokal, Pemkab Pacitan Gelar Business Matching UMKM

oleh -769 Dilihat
PASARKAN UMKM. Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian (Dikuperin) Pacitan menggelar kegiatan Business Matching pada Selasa (31/102023) di aula PLUT KUMKM Pacitan. (Foto; Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian (Dikuperin) Pacitan menggelar kegiatan Business Matching pada Selasa (31/102023) di aula PLUT KUMKM Pacitan.

Kepala Dikuperin Pacitan Prayitno mengungkapkan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk respon keluhan pelaku UMKM Pacitan dalam memasarkan berbagai produknya.

Sehingga, kata dia, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan business matching, yaitu mempertemukan antara pelaku UMKM selaku pemilik produk dengan pemilik pusat oleh-oleh sebagai buyer atau off taker.

“Business matching tahap ke-1 dilaksanakan di Aula PLUT KUMKM Pacitan pada hari selasa tanggal 31 Oktober 2023 yang dihadiri oleh 40 orang pelaku usaha pemilik produk, dan 2 orang pemilik pusat oleh-oleh lokal di Kabupaten Pacitan, yaitu Pusat oleh-oleh SABRINA dan Pusat oleh-oleh UNIQUE. Menyusul berikutnya dari RM Bu Dzakir dan Putra Samudra,”kata Prayitno.

Lebih lanjut, Prayitno mengtakan kegiatan business matching ini sendiri direncanakan akan dilaksanakan sampai 3 tahap dengan rincian 2 tahap dengan 4 pengusaha lokal.

PASARKAN UMKM. Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian (Dikuperin) Pacitan menggelar kegiatan Business Matching pada Selasa (31/102023) di aula PLUT KUMKM Pacitan. (Foto; Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Kemudian pada tahap ketiga Dikupern Pacitan menghadirkan buyer atau off taker dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang saat ini sudah ada kesepakatan untuk dapat hadir tinggal menyesuaikan jadwal dari semua pihak.

Prayitno berharap, dalam business matching ini, diharapkan produk-produk UMKM Pacitan dapat diterima dan dijual di berbagai pusat oleh-oleh lokal Pacitan maupun di luar daerah.

“Semisal saat ini belum banyak yang dapat terserap dan diterima oleh para buyer diharapkan ada evaluasi dari para buyer terhadap produk UMKM Pacitan sehingga untuk waktu yang akan datang dapat meningkatkan daya saing produknya supaya dapat diterima oleh para buyer,”jelas dia.

Selain itu, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian juga mendorong para pelaku UMKM terpilih untuk memanfaatkan momentum program ini untuk bisa banyak belajar dari pengusaha yang didatangkan terkait produk yang dijual.

No More Posts Available.

No more pages to load.