Terkena Semburan Ular Kobra Jawa, Seorang Anak di Pacitan Dirawat di RSUD dr Darsono

oleh -3366 Dilihat
Seorang anak di Pacitan terkena semburan ular jenis kobra jawa saat sedang bermain di pekarangan dekat rumahnya pada Senin (30/10/2023) di Lingkungan Krajan Lor RT/RW 04/IV, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan. (Foto: Dok. Damkar Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Seorang anak di Pacitan terkena semburan ular jenis kobra jawa saat sedang bermain di pekarangan dekat rumahnya pada Senin (30/10/2023) di Lingkungan Krajan Lor RT/RW 04/IV, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Api Hanguskan Nyaris Separuh Rumah Kateman Arjosari Saat Ditinggal Pergi

Kabid Damkar Satpol PP Kabupaten Pacitan Sugito dalam keterangannya mengatakan akibat kejadian itu, anak pelajar berinisial G tersebut harus dilarikan ke IGD RSUD dr Darsono, Pacitan.

Menurut Sugito, berdasarkan keterangan saksi, korban yang sedang bermain di pekarangan dekat rumahnya, mencoba mendekati ular yang dalam keadaan terjebak jaring pembatas pekarangan tersebut.

“Karena mungkin tidak tahu kalau ular tersebut berjenis Kobra Jawa yang dapat menyemburkan bisa sampai dengan jarak satu meter, korban terkena sembur di bagian mata kanannya dan langsung dilarikan ke RSUD dr. Darsono untuk penanganan lebih lanjut,”jelasnya.

Usai kejadian itu, Sugito mengatakan evakuasi yang dilakukan terbilang cukup sulit, lantaran ular kobra jawa yang berada di pekarangan milik warga ini begitu agresif.

“Mengingat ular kobra jawa menjadi salah satu reptil yang berbahaya, sehingga mengharuskan personel Damkarmat yang ada harus berhati-hati saat evakuasi berlangsung, selang waktu kurang lebih 30 menit, kobra jawa yang berukuran kurang lebih 1,3 m,ini akhirnya berhasil dievakuasi dengan aman dan selamat,”pungkasnya.