Ratusan Peserta Ikuti Raimuna Kwarcab Pacitan di Pantai Pancer Door

oleh -1846 Dilihat
RAIMUNA CABANG. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (25/10/2023) hingga Sabtu (28/10/2023) di Pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso, Pacitan. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITANKwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pacitan menggelar Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (Raimuna) yang diikuti puluhan gugus depan (gudep) se-Kabupaten Pacitan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (25/10/2023) hingga Sabtu (28/10/2023) di Pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Baca juga: Bupati Aji Dilantik Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pacitan

Ketua penyelenggara kegiatan tersebut, Reza Prasetya Andika saat dikonfirmasi pada Jumat (27/10/2023) di lokasi mengatakan acara ini digelar selama 4 hari 3 malam.

“Yang mengikuti Raimuna cabang ini meliputi 65 sangga utusan gugus depan yang berpangkalan di 36 Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) dari Kabupaten Pacitan dengan jumlah sebanyak 512 peserta,”kata Reza.

Lebih lanjut, Reza mengatakan beberapa lomba dalam raimuna tersebut, yakni meliputi defile peleton pramuka, festival rontek, cipta menu, jurnalistik, tapak kemah, dan sangga giat yang belangsung selama tiga hari.

“Kegiatan Raicab Pacitan 2023 meliputi kegiatan umum dan persaudaraan, kegiatan khusus, Scout Competition, scout Education. Diantaranya Perlombaan Defile Peleton, Malam Welcome Party yang diisi pentas seni Rontek dari 12 kwartir ranting, Ekspedisi,Pawai Budaya, Serta Malam Notopuro/malam puncak raimuna yang dilaksakan pada Jum’at malam,”jelas dia.

Tak hanya itu, Reza menyebut kegiatan Raimuna cabang Pacitan 2023 ini juga turut memberdayakan UMKM dengan total ada sejumlah 24 stand/booth yang diisi oleh UMKM yang dinamakan pasar raimuna.

“Kami berharap Raimuna cabang Pacitan 2023 dapat meningkatkan persuadaraan, memperkuat persatuan dan kesatuan, melestarikan budaya, serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan pramuka penegak dan pandega yang berpangkalan di tingkat SMK, SMA dan MA se-Kabupaten Pacitan serta dapat menyampaikan pengalaman selama kegiatan kepada rekan-rekan di gugus depannya,”pungkasnya.