Bupati Aji Dilantik Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pacitan

oleh -Dibaca 471 kali
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji resmi dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pacitan. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji resmi dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pacitan. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil pada Kamis (27/1) di Pendopo Kecamatan Nawangan.

Ini untuk pertama kalinya pelantikan dilakukan bukan di ibukota kabupaten, melainkan justru di Kecamatan Nawangan yang notabene jauh dari ibukota Pacitan. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena menurut Kak Aji, Nawangan merupakan legenda bagi Pacitan berkat perjuangan gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman.

“Dimulai dari Nawangan, ruh-ruh perjuangan beliau (Jenderal Sudirman) akan kita lestarikan dan semoga semangatnya selalu menyertai kita semua,”kata Bupati, mengutip siaran pers Protokol Komunikasi Pimpinan.

Kebetulan juga mulai hari ini (27/01) sampai Jumat besok Kak Aji juga sedang berkantor di Kecamatan Nawangan.

Lebih lanjut Kak Aji menjelaskan bahwa salah satu janji Pramuka yaitu “menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta membangun masyarakat” selaras dengan salah satu misi Kabupaten Pacitan yaitu “Mewujudkan pembangunan dan peningkatan daya saing SDM yang kukuh berpijak pada nilai-nilai agama dan budaya bangsa.

“Mari kita satukan tekad dan sinergikan langkah untuk menyukseskan gerakan pramuka di Kabupaten Pacitan,”ujar Bupati.

Selain unsur pimpinan Majelis Pembimbing Cabang, ikut dilantik juga dalam acara tersebut yaitu Pimpinan Kwartir Cabang Antar Waktu, Majelis Pembimbing Ranting dan Majelis Pembimbing Gugus Depan Kwarcab Gerakan Pramuka Pacitan.