Puluhan Mahasiswa PBSI STKIP PGRI Pacitan Ikuti Pelatihan Jurnalistik Bareng Times Indonesia dan Pacitanku

oleh -Dibaca 1,857 kali
PELATIHAN JURNALISTIK. Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan bersama narasumber berfoto bersama dalam kegiatan pelatihan jurnalistik PBSI STKIP PGRI Pacitan pada Kamis (27/1/2022). (Foto: Dok. STKIP PGRI Pacitan for Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Puluhan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan pada Kamis (27/1/2022) di kampus STKIP PGRI Pacitan, Jalan Cut Nyak Dien nomor 4 A Kelurahan Ploso, Pacitan.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua STKIP PGRI Pacitan Dr Mukodi, M. Si tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni General Manager Times Indonesia Bambang H Irwanto dan Pemimpin Redaksi (Pimred) Pacitanku Dwi Purnawan.

Ketua STKIP PGRI Pacitan Dr Mukodi dalam sambutannya mengatakan kegiatan pelatihan jurnalistik ini digelar dalam rangkaian Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Program Studi (Prodi) PBSI STKIP PGRI Pacitan.

“Kami harapkan mahasiswa untuk mengikuti dengan baik kegiatan ini dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber, agar dapat bermanfaat berkaitan dengan kompetensi jurnalistik mahasiswa,”kata Dr Mukodi.

Lebih lanjut, Dr Mukodi mengatakan pihaknya berharap output kegiatan pelatihan jurnalistik ini sendiri diharapkan mahasiswa dapat memahami bagaimana mengelola media dan menjadi pewarta yang baik.

MoU. Penandatanganan MoU Pacitanku dan STKIP PGRI Pacitan untuk kegiatan PKL mahasiswa pada Kamis (27/1/2022). (Foto: Dok. STKIP PGRI Pacitan)

“Tentunya outputnya adalah kompetensi di bidang jurnalistik, sebetulnya ada mata kuliah jurnalistik, tetapi tentunya perlu mempertajam pembelajaran secara langsung riil di lapangan, maka kami menggandeng Times dan Pacitanku, agar memahami bagaimana mengelola media dan pewarta yang baik, juga kita ingin membekali mahasiswa yang berkualitas di bidang jurnalistik,”jelasnya.

Sementara, Ketua Prodi PBSI STKIP PGRI Pacitan Riza Widoyoko dalam paparannya mengatakan kegiatan pelatihan jurnalistik ini sendiri diikuti oleh mahasiswa semester 5 dari jurusan PBSI.

“Jadi ada total 20 mahasiswa, yang 19 mahasiswa jurusan PBSI, sementara 1 mahasiswa jurusan PJKR yang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik ini,”kata Riza.

Dalam kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut, Pimred Pacitanku Dwi Purnawan menyampaikan materi seputar teori jurnalistik serta etika jurnalistik. Sedangkan GM Times Indonesia Bambang H Irwanto menyampaikan materi praktik jurnalistik.

Selain itu dalam kegiatan itu juga digelar kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara STKIP PGRI Pacitan dengan Pacitanku berkaitan dengan kegiatan PKL mahasiswa STKIP PGRI Pacitan.