Wujudkan Warga Pacitan Semakin Sehat, Bupati Dorong Seluruh Desa Deklarasi STBM

oleh -3 Dilihat
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mendorong seluruh desa/kelurahan di bumi Paradise of Java deklarasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mendorong seluruh desa/kelurahan di bumi Paradise of Java deklarasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Karena untuk saat ini dari 172 desa/kelurahan di Kabupaten Pacitan baru 53 desa/kelurahan yang sudah deklarasi STBM.

Hal tersebut disampaikan Mas Aji saat membuka Rembuk dan Advokasi serta Deklarasi Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 5 pilar, di Gedung Karya Darma Pacitan.

Menurutnya, STBM ini sangat penting karena derajat kesehatan menjadi salah satu faktor pendukung terwujudnya masyarkat yang sejahtera dan bahagia sesuai visi dan misi pemerintah.

“Mudah-mudahan dari 53 desa yang sudah deklarasi akan semakin bertambah karena STBM ini salah satu dasar atau fondasi Kesehatan,” kata Mas Aji, Selasa (19/9/2023) mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

STBM 5 pilar tersebut erat berkaitan dengan menurunnya kejadian penyakit-penyakit berbasis lingkungan.

“Diperlukan dukungan semua pihak, baik pemerintah desa, puskesmas, organisasi perangkat daerah terkait dan lembaga masyarakat untuk mewujudkan 5 pilar STBM,”kata Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Daru Mustikoaji.

STBM 5 pilar adalah, tidak BAB sembarangan, membiasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, melaksanakan pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, melaksanakan pengelolaan sampah rumah tangga serta melaksanakan pengelolaan limbah cair rumah tangga.