Pacitan Sukses Raih Total 15 Medali di Porprov VIII Jatim, Pertahankan Tradisi Emas Angkat Besi

oleh -11 Dilihat
RAIH EMAS. Atlet angkat besi Pacitan meraih medali emas dalam Porprov VIII Jatim 2023. (Foto: Dok. KONI Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan berhasil meraih total 15 medali pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur yang berlangsung pekan lalu.

Pada Porprov ke-VIII yang berlangsung di Kabupaten Jombang, Mojokerto dan Sidoarjo pada 9-16 September 2023 ini, Pacitan menerjunkan sebanyak 87 atlet yang berlaga untuk 16 cabor.

Dari total 16 cabor tersebut, sebanyak 9 cabor sukses menyumbangkan medali untuk Pacitan, yaitu angkat besi (6 emas), berkuda (1 emas), paralayang (1 emas dan 1 perak), IBCA MMA (1 emas), catur (1 perak), woodball (1 perak), gulat (1 perunggu) , billiard (1 perunggu) dan bridge (1 perunggu).

Yang cukup membanggakan, Pacitan meski harus puas berada di posisi ke-34 klasemen akhir perolehan medali, berhasil mempertahankan tradisi medali emas cabor angkat besi dalam tiga perhelatan Porprov terakhir.

Pada gelaran Porprov VIII kali ini, cabor angkat besi Pacitan sukses menyumbangkan total 6 medali emas, dimana 3 medali emas diraih dari kelas 49 kilogram putri atas nama atlet Resva Widya Aryana. Sedangkan 3 medali emas cabor angkat besi lainnya diraih dari kelas 59 kilogram putri atas nama Amel Candra Novitasari.

Torehan emas dari cabor angkat besi juga berhasil ditorehkan dalam dua edisi Porprov sebelumnya, yakni pada Porprov 2019 (3 medali emas kelas 45 kilogram putri atas nama Luluk Diana Tri Wijayana) dan Porprov 2022 dengan total 8 emas dari cabor angkat besi pada Porprov VII tahun 2022 tahun lalu.

Pada Porprov tahun 2022 lalu, 8 emas tersebut dipersembahkan oleh Luluk Diana Tri Wijayana (3 emas dari kelas 55 kilogram putri), Resva Widya Aryana (3 emas dari kelas 49 kilogram putri) dan 2 emas oleh Amel Candra Novitasari (2 emas kelas 64 kilogram putri).

Cabor MMA catat Sejarah

Selain tradisi emas dari cabor angkat besi, catatan membanggakan sekaligus bersejarah ditorehkan cabor Indonesia Beladiri Campuran Amatir (IBCA) Mixed Martial Arts (MMA).

RAIH EMAS. atlet IBCA MMA Pacitan Alifan Bagus Fernanda sukses menyumbangkan medali emas untuk Pacitan pada nomor 54 kilogram putra pada Porprov VIII Jatim 2023. (Foto: Dok. KONI Pacitan)

Atlet IBCA MMA Pacitan Alifan Bagus Fernanda sukses menyumbangkan medali emas untuk Pacitan pada nomor 54 kilogram putra.

Dalam laga final di SMAN 1 Puri, Kabupaten Mojokerto, Alifan sukses mengalahkan lawannya dari Kabupaten Lamongan pada ronde 1 dari 2 ronde yang direncanakan secara TKO.

Torehan Alifan ini menjadi catatan sejarah yang bagus bagi Pacitan, mengingat cabor IBCA MMA ini adalah cabor yang baru dipertandingkan dalam gelaran Porprov Jatim VIII tahun 2023.

Berikut hasil akhir perolehan medali kontingen Pacitan di Porprov VIII Jatim 2023

  • 3 medali emas cabor angkat besi (kelas 49 kilogram putri/Resva Widya Aryana)
  • 3 medali emas cabor angkat besi (kelas 59 kilogram putri/Amel Candra Novitasari)
  • 1 medali emas cabor berkuda (nomor pacu Kelas I/Andreyas Bayu Irfansah)
  • 1 medali emas cabor paralayang (nomor akurasi beregu putri/Aisyah Indika Desta Rahmadany dan Marsely Febiola)
  • 1 medali emas cabor IBCA MMA (nomor MMA 54 kilogram putra/Alifan Bagus Fernanda)
  • 1 medali perak cabor catur (nomor mix kilat/Febrianti Mutika Sari dan Bayu Surya Mahendra)
  • 1 medali perak cabor paralayang (nomor akurasi individu putri/Aisyah Indika Desta Rahmadany)
  • 1 medali perak cabor woodball (nomor men team fairway/Putra Nur Firdausi, Septian Zihan Saputra, Bintang Justitia Nur Cahyo, dan Haidar Nashir Nugroho)
  • 1 medali perunggu cabor gulat (kelas greco 67 kilogram/Kiki Dwi Alfiansyah)
  • 1 medali perunggu cabor billiard (nomor 10 ball double putra/Gufron Hanif Pamungkas dan Hamana Marhaidiqi Muhaimin)
  • 1 medali perunggu cabor bridge (nomor beregu putra/Dimas Nuruddin Khalish, Muhammad Faishal Abyan, Muhammad Naufal Azamrafif, Rizky Nur Rohman, Takhalli Alif Muhammad, Wahyu Micho Indrawan)

Total = 15 medali

 Catatan perolehan medali kontingen Pacitan pada gelaran 4 Porprov terakhir

  • Porprov V Jatim Tahun 2015: 15 medali, yang terdiri dari 3 emas, 4 perak, 8 perunggu
  • Porprov VI Jatim Tahun 2019:  13 medali, yang terdiri dari 4 emas, 2 perak dan 7 perunggu
  • Porprov VII Jatim Tahun 2022: 17 medali, yang terdiri dari 9 emas, 2 perak dan 6 perunggu
  • Porprov VIII Jatim Tahun 2023: 15 medali, yang terdiri dari 9 emas, 3 perak dan 3 perunggu

No More Posts Available.

No more pages to load.