Semarak Festival Kampung Wayang Beber, dari Pasar Rakyat Hingga Wayangan di Gedompol

oleh -13 Dilihat
Semarak Festival Kampung Wayang Beber di Desa Gedompol, Kecamatan DOnorojo. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Pemerintah Desa (Pemdes) Gedompol, Kecamatan Donorojo bekerja sama dengan Dewan Kesenian Pacitan menggelar Festival Kampung Wayang Beber di Desa Gedompol, Kecamatan DOnorojo.

Rangkaian agenda ini sudah berlangsung sejak sepakan lalu dengan agenda lomba voli, kemudian dilanjutkan dengan Workshop Melukis Wayang Beber serta Workshop Tata Artistik.

Sementara, agenda inti berlangsung pada Sabtu (2/9/2023) dengan sejumlah agenda, yaitu Pentas Seni Budaya, Pasar rakyat, Ruwatan dan Kirab Wayang Beber, Pagelaran wayang beber dan diakhiri dengan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Gandhang Gondo Waskito.

Digelar di lapangan desa setempat, Festival Kampung Wayang Beber berlangsung sepanjang siang hingga malam, Sabtu (02/09) dengan beragam pertunjukan seni budaya. Mulai seni reyog, seni tari kirab budaya, prosesi ruwatan wayang beber dan diakhiri dengan pagelaran wayang kulit.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang hadir menyaksikan Festival Kampung Wayang Beber sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Selain memberi hiburan bagi masyarakat, event perdana tersebut juga mampu menggerakkan perekonomian Masyarakat,”kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Sebagai informasi, Desa Gedompol terkenal dengan kesenian Wayang beber tertua tepatnya di Dusun Karang Talun Desa Gedompol, Kecamatan Donorojo.

Kesenian yang sangat langka tersebut telah teregistrasi sebagai warisan budaya tak benda dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang sampai saat ini masih dirawat dan dilestarikan dengan baik.

No More Posts Available.

No more pages to load.