Yuk, Dukung Desa Sendang Pacitan Jadi Desa Wisata Terfavorit Kemenparekraf RI

oleh -20 Dilihat
Pesona Ngiroboyo Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Pacitan. (Foto: Istimewa/Dok Kemenparekraf RI)

Pacitanku.com, PACITAN – Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan terus berbenah dalam upaya menjadi salah satu desa wisata terbaik nasional.

Terbaru, Desa Sendang yang sudah dipastikan mendapatkan anugerah 75 desa terbaik anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) ini sedang berkompetisi dengan desa lain di Indonesia menjadi Desa Wisata terfavorit Kemenparekraf RI.

Direktur Desa Wisata Sendang, Wildan Nur Swi Harmoko saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Kamis (24/8/2023) di Pacitan mengatakan nantinya akan menjadi desa terfavorit dengan syarat like, subscribe dan komentar di video desa wisata Kemenparekraf RI.

“Sehingga kami mohon dukungannya dengan cara subscribe, like dan komentar video desa wisata sendang dalam kompetisi 75 besar Desa Wisata terbaik program ADWI Tahun 2023 sehingga bisa meraih Desa Wisata Tervaforit, terima kasih, bisa kunjungi link ini,”kata Wildan.

Lebih lanjut, Wildan mengatakan Desa Sendang diundang ke Jakarta dalam rangka penganugerahan 75 desa terbaik nasional program ADWI pada Minggu (27/8/2023) mendatang.

“Kami bersama pak kades menerima penghargaan 75 terbaik itu. Nanti akan dipilih beberapa kategori. Kami belum tahu masuk kategori apa. Ada 5 indikator, bisa kategori daya tarik bisa kategori souvenir, bisa kategori homestay ayau tau kategori kelembagaan, begitu, jadi 75 besar nanti,”jelasnya.

Lima indikator yang dimaksud, kata Wildan adalah sesuai dengan indicator penilaian ADWI, yakni kelembagaan yang sudah tertata, kolaborasi antara bumdes dengan Pokdarwis, daya tarik pengunjung yang membuat nyaman pengunjung seperti susur sungai, paddle board, gala dinner.

“Juga ada indikator di desa sendang ada event berulang setiap tahun sebagai ajang promosi wisata melalui lomba dayung, homestay khas Jawa yang membuat wisatawan betah, layanan yang ramah, toilet umum yang bersih serta sovenir berupa produk unggulan UMKM gula kelapa dan kuliner,”ujar Wildan.

Dalam kurun waktu tiga tahun belakangan, prestasi menonjol yang membuktikan pengelolaan yang semakin baik di desa Sendang memang sangat kental terasa.

Pada tahun 2021, Desa Sendang masuk 300 besar ADWI, meningkat tahun 2022 merangsek menjadi 100 besar ADWI dan dikunjungi Menparekraf Sandiaga Shalahuddin Uno. Terbaru tahun 2023 masuk 75 besar ADWI dan dikunjungi direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI.

“Selama tiga tahun tersebut, selalu berbenah, bersolek, berinovasi sehingga setiap tahun ada hal yang baru,”ujar Wildan.

Wildan meminta dukungan masyarakat agar Desa Sendang agar kembali meraih prestasi desa wisata terfavorit masyarakat.

“Mohon dukungannya kepada masyarakat, syukur bisa meraih terfavorit, pastinya kami tetap insyaallah menjadi pemenang diantara 5 kategori itu, tapi ada tambahan jadi ada yang pemenang kategori ada yang terfavorit, syukur-syukur bisa dua-duanya menjadi pemenang, pemenang diantara 5 kategori itu ditambah terfavorit dengan like terbanyak di Youtube tersebut,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.