Dukung Kebangkitan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Gelar Pacitan UMKM Fest

oleh -10 Dilihat
Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian Pacitan menggelar kegiatan Pacitan UMKM Fest.

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian Pacitan menggelar kegiatan Pacitan UMKM Fest.

Kegiatan yang diselenggarakan di halaman PLUT Pacitan itu digelar selama dua hari, yakni Sabtu (12/8/2023) hingga Ahad (13/8/2023).

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Pacitan Prayitno mengungkapkan kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan hari UMKM Nasional dan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

“Kami berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan juga mitra UMKM sekaligus sponsor secara bersama-sama bersinergi bersama-sama melaksanakan kegiatanyang dikemas dalam Pacitan UMKM Fest terdiri dari bazar produk lokal, ada 30 UMKM yang ikut, 19 UMKM Kuliner, 5 Kriya, 5 Ekraf dan satu UMKM batik,”kata Prayitno saat ditemui Pacitanku.com di lokasi, Ahad (13/8/2023) di Pacitan.

Tak hanya itu, Prayitno mengungkapkan sejumlah kegiatan lain dalam Pacitan UMKM Fest adalah demonstrasi pemuatan kue atau bakery oleh Sriboga serta pelatihan warung kelontong go digital.

“Kita juga ada kegiatan literasi keuangan pembiayaan dan juga ada sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, produk packaging, juga penerimaan penghargaan milenial business competition award 2023 dilanjutkan talkshow,”paparnya.

Prayitno berharap kegiatan ini bisa meningkatkan SDM pegiat dan pelaku UMKM di Pacitan. Di sisi lain juga bisa memberikan semangat dan memotivasi agar UMKM di Pacitan lebih banyak masukan dalam berkreasi dan inovasi melakukan usahanya secara digital.

“Sehingga UMKM di pacitan akan tumbuh semakin kuat, mapan dan naik kelas berperan dalam peningkatan ekonomi di Pacitan dalam mewujudkan visi dan misi Bupati mewujudkan Masyarakat Sejahtera dan Bahagia,”pungkasnya.

Sementara, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UMKM Sutarmo mengapresiasi kegiatan Pacitan UMKM Pacitan Fest 2023 tersebut.

“Wah luar biasa Pacitan, saya sudah berulang kali ke pacitan, ini dukungan Pemda dan juga bisa menggerakkan stakeholder bagus sekali patut dilanjutkan,”kata Sutarmo.

Sutarmo juga berharap semangat kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat serta swasta bisa terus dilakukan.

“Karena kuatnya kita karena  kolaborasi, kalau gak kolaborasi ya bisa ngangkat tapi gak sebesar kolaborasi kira-kira gitu,”ujarnya.

Dia juga berharap, program dari kementerian koperasi dimaksimalkan, dimana yang paling dominan saat ini dari deputi mikro Kemenkop dan UKM.

“Ada penguatan pasar, penguatan produksi kemitraan dengan Bintang 7 dan lain-lain, offline online kalauu UMKM itu kita genjot lah supaya UMKM Pacitan tambah bergairah,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.