Akan Diresmikan 17 Agustus, Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Buka Tiap Hari Kecuali Selasa

oleh -13 Dilihat
Museum SBY dan galeri seni Ani. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Museum dan galeri seni SBY-Ani akan diresmikan pada Kamis (17/8/2023) mendatang. Sehari berselang, museum kepresidenan ini akan dibuka untuk masyarakat umum.

Direktur Museum dan galeri seni SBY-Ani Ossy Dermawan dalam keterangannya beberapa waktu lalu mengatakan bagi masyarakat yang hendak berkunjung ke museum ini, dibuka setiap hari, kecuali hari selasa.

“Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Museum dan Galeri SBY-Ani yang berlokasi di Pacitan ini dapat dilakukan mulai tanggal 18 Agustus 2023, dengan waktu kunjungan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB,”kata Ossy dalam keterangannya.

Untuk hari buka, Ossy mengungkapkan masa kunjungan adalah hari Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu dan Senin.

“Hari Selasa tidak menerima kunjungan karena dilakukan konsolidasi dan pemeliharaan. Ketentuan dan tata cara kunjungan secara rinci akan disampaikan kepada masyarakat 1 minggu sebelum secara resmi museum dan galeri dibuka,”jelasnya.

Sebelum resmi dibuka untuk umum, satu bulan lalu, tepatnya 17 Juli 2023 juga telah dilaksanakan Uji Sistem yang nanti akan dijalankan di Museum dan galeri seni SBY-Ani setelah dengan resmi dibuka untuk umum.

Ossy juga bersyukur museum ini akhirnya bisa rampung setelah masa pembangunan selama 3,5 tahun, yakni sejak Februari 2020 lalu.

Ossy mengatakan Ide dasar dan rancangan arsitektur dibuat langsung oleh Bapak SBY didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono (almh) ketika menjalani perawatan medis di Rumah Sakit NUH Singapura.

“Pendanaan museum ini didapatkan melalui sumbangan sukarela (fundraising) dari berbagai donatur. Sebelum dibuka secara resmi yang kami rencanakan pada tanggal 17 Agustus 2023 malam hari, kami memandang perlu untuk melakukan uji Sistem agar pada saat museum telah dibuka tidak terdapat masalah yang tidak kami inginkan,”pungkasnya.