Mantap! Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Pacitan Dibuka Resmi untuk Umum Saat HUT ke-78 RI

oleh -2 Dilihat
UJI COBA. Pengelola museum SBY dan galeri seni Ani, Ossy Dermawan saat mengantarkan sejumlah tokoh mengelilingi museum pada Senin (17/7/2023). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabar gembira untuk masyarakat yang ingin melihat dibukanya museum bersejarah di tanah air, yakni museum SBY dan galeri seni Ani. Pasalnya, pengelola setempat memastikan akan membuka dan meresmikan museum tersebut tepat saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-78 pada Kamis (17/8/2023) mendatang.

Sebelum dibuka untuk umum, pengelola menggelar uji coba kunjungan publik pada Senin (17/7/2023) hingga Sealsa (18/7/2023) atau tepat satu bulan sebelum dibuka secara resmi.

Turut hadir dalam uji coba publik museum dan galeri seni SBY-Ani itu adalah Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY), Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, unsur Forkopimda, camat, para pengawas sekolah hingga lurah dan kepala desa di Pacitan.

Para tamu tersebut mendapat kehormatan menjadi yang pertama  melihat dan merasakan langsung Museum Dan Galeri Seni  SBY*ANI.

Pihak museum sengaja memberi kesempatan kepada Bupati dan jajaran sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan sinergitas yang terjalin demi terwujudnya pembangunan museum.

“Museum dan Galeri Seni SBY-Ani ini telah rampung pengerjaannya baik sisi eksterior maupun interior,”ujar Direktur Eksekutif Museum Dan Galeri Seni SBY*ANI, Ossy Dermawan mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Menurut Ossy, Museum dan Galeri Seni SBY-Ani akan dibuka dan diresmikan 17 Aguatus mendatang. Pihaknya sengaja menggelar uji coba kunjungan publik sebagai bentuk kesiapan.

Harapannya, melalui uji coba ini peserta dapat turut mensosialisasikan museum kepada khalayak.

“Semoga museum dan galeri seni SBY-Ani ini abadi menjadi rumah terbuka untuk siapapun, menjadi tempat inspirasi dari seluruh masyarakat Indonesia,”kata putra kedua Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ibas.

Menurut Ibas, museum dan galeri seni ini adalah hadiah dari rasa syukur serta kecintaan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istri Ani Yudhoyono (almarhumah) kepada masyarakat Indonesia khususnya Pacitan.

Ibas juga berharap keberadaan museum bisa mengangkat nama Pacitan ke tingkat nasional bahkan internasional serta memajukan perekonomian masyarakat.

Sementara menurut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, keberadaan museum dan galeri seni SBY*ANI ini sangat strategis untuk mendukung dan mendongkrak kunjungan wisata di Pacitan.

“Ini selaras dengan visi misi pemerintah Kabupaten Pacitan yang menjadikan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian,”ungkap Mas Aji

Uji coba kunjungan publik Museum dan Galeri Seni SBY-Ani berlangsung 2 hari dengan tamu terbatas.

Dalam kesempatan berharga tersebut pengunjung diajak tour melihat museum perjalanan karier SBY serta karya seni  Ibu Ani Yudhoyono, dipandu langsung Direktur Eksekutif Museum Ossy Dermawan.

Sebelum digelar uji coba, sejumlah tokoh tanah air sudah terlebih dahulu melihat suasana museum tersebut, diantaranya adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.