Dinkes Pacitan Buka Suara Wisma Atlet ‘Mangkrak’ Setelah tak Dipakai Karantina Pasien COVID-19

oleh -0 Dilihat
TAK BERPENGHUNI. Kondisi Wisma Atlet Pacitan yang tidak berpenghuni. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan akhirnya buka suara terkait kondisi wisma atlet Pacitan yang kini mangkrak dan tidak terawat pasca tidak digunakan untuk karantina pasien COVID-19.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pacitan drg Nur Farida mengatakan saat ini kondisi COVID-19 belum beralih status menjadi endemi, sehingga sarana penanganan COVID-19 masih diberikan.

“Jadi karena berdasarkan dari kondisi KLB sendiri pemerintah pusat belum menyatakan bahwasanya pandemi ini sudah beralih status menjadi endemi, jadi sementara Pemerintah Kabupaten Pacitan Insyaallah masih memberikan sarana-sarana yang harus terfasilitasi oleh pemerintah daerah terkait status pandemi,”jelasnya, Senin (5/6/2023) di Pacitan.

Farida mengakui, sejak akhir oktober 2021, wisma Atlet Pacitan kosong alias tidak ada pasien COVID-19 yang dikarantina di wisma atlet. Hal itu, kata dia, karena memang pemerintah sudah menggalakkan isolasi mandiri COVID-19.

“Insyaallah nanti Dinas Kesehatan akan matur kepada pimpinan terkait petunjuk bahwasannya apakah kita menunggu untuk status menjadi endemi, akan mungkin nanti (wisma atlet) bisa termanfaatkan dulu untuk kegiatan yang lain, meskipun secara sewaktu-waktu dibutuhkan itu harus tetap tersedia seperti itu,”ujarnya.

Terkait adanya sejumlah barang-barang yang masih berserakan di wisma atlet, Farida mengatakan Dinkes sudah koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan.

“Insyaallah nanti Dinas Kesehatan dengan Disparbudpora Pacitan Kerjasama untuk pelaksanaan kegiatan bersih-bersih, untuk waktu belum,”pungkasnya.