Wabup Pacitan Ajak Isi Kemerdekaan dengan Semangat Kebangkitan Nasional

oleh -0 Dilihat
Wabup Gagarin saat menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115, Senin (22/5/2023) di Pacitan. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Gagarin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat kebangkitan nasional. Hal itu diungkapkan oleh Wabup Gagarin saat menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115, Senin (22/5/2023) di Pacitan.

Membacakan Sambutan Bupati Pacitan, Wakil Bupati mengatakan kebangkitan bangsa merupakan titik tolak perjuangan bangsa Indonesia menghadapi penjajah melalui jalur politik dan organisasi hingga akhirnya bangsa Indonesia bisa mendeklarasikan kemerdekaannya. Organisasi pertama muncul dengan nama Budi Utomo, berdiri tanggal 20 mei 1908.

“Saat ini dan seterusnya, mari kita isi kemerdekaan kita dengan semangat kebangkitan nasioal serta diiringi dengan semangat nasionalisme yang tinggi,”kata Wabup Gagarin, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Lebih lanjut, Gagarin mengatakan upacara Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dirangkaikan dengan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah.

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional  diharapkan pendidikan lebih maju untuk dapat menggapai tujuan negara, yaitu mencerdaskan bangsa berdasarkan UUD 1945.

Begitu juga melalui peringatan Hari Otonomi Daerah akan menjadi momentum membangkitkan semangat membangun daerah.

Capaian kinerja Kabupaten Pacitan tahun 2022 telah menuju tren positif. Angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pacitan mengalami kenaikan 3,05% dibandingkan tahun 2021.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga naik 0,8 % sedangkan angka kemiskinan turun sebesar 1,3 %.

No More Posts Available.

No more pages to load.