Srawung Sedulur Tani Desa Ketro, Bupati Letakkan Batu Pertama Pembangunan Irigasi Program P3-TGAI

oleh -1 Dilihat
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam acara Srawung Sedulur Tani penerima program P3-TGAI di Desa Ketro Kecamatan Kebonagung, Jumat (19/5/2023)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Kabupaten Pacitan tahun ini kembali mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 102 desa di Pacitan dipastikan menerima manfaat dari program rehabilitasi, peningkatan atau pembangunan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani tersebut.

“Program ini sudah ada sejak 2013, ada desa yang sudah beberapa kali dapat ada juga yang belum. Meskipun belum bisa memenuhi semua keinginan, namun sudah pasti membantu mengurangi persoalan petani,”kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam acara Srawung Sedulur Tani penerima program P3-TGAI di Desa Ketro Kecamatan Kebonagung, Jumat (19/5/2023) mengutip siaran pers Prokopim.

Desa Ketro, Kecamatan Kebonagung sendiri menjadi salah satu dari 15 desa penerima manfaat program P3-TGAI di Kecamatan Kebonagung. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dibanding kecamatan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Mas Aji melakukan peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi program P3-TGAI Desa Ketro sepanjang 362,31 meter. “Tolong program ini benar-benar dijaga agar manfaat dan daya pakainya lebih lama,”kata Mas Aji.

Program Perceparan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola.

Adapun jenis kegiatan pelaksanaan P3-TGAI terdiri dari, rehabilitasi jaringan irigasi, peningkatan jaringan iriigasi, dan/atau, pembangunan jaringan irigasi.

“Semoga dengan bantuan program ini akan menambah motivasi masyarakat petani Desa Ketro dalam mengolah lahan pertaniannya,”ujar Kades Ketro, Winardi.

No More Posts Available.

No more pages to load.