DPR RI Siap Dorong Pengembangan Event di Daerah dengan Kebijakan Politik Anggaran

oleh -0 Dilihat
Anggota DPR RI Sartono Hutomo. (Foto: istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota DPR RI Sartono Hutomo akan memberikan dorongan untuk menyukseskan berbagai event yang digelar di daerah, salah satunya di Kabupaten Pacitan.

Sebagai informasi, beberapa waktu belakangan sejumlah event budaya dan pariwisata mulai rutin digelar di Pacitan, mulai dari upacara adat Ceprotan, seni tari Kethek Ogleng dan Festival Rontek Pacitan. Berbagai event tersebut terbukti mampu menggerakkan sektor ekonomi di Pacitan.

Baca juga: DPR RI Apresiasi Event yang Digelar di Pacitan untuk Dongkrak Perkembangan Pariwisata

Atas kondisi itu, Sartono mengatakan pihaknya siap mendukung agar event-event budaya tersebut terus berjalan,

“Kami juga sebagai DPR RI juga akan juga support dorongan untuk pengembangan dan politik anggaran dari pusat untuk membantu (event) daerah-daerah, daripada daerah-daerah dipotongin anggarannya, harusnya ditambah supaya mampu menjaga ketahanan perekonomian rakyat,”katanya, Jumat (28/4/2023) di Pacitan.

“Karena tujuan akhir kan begitu, yaitu kesejahtraan rakyat, rakyat terlibat ada terhibur tapi juga ada ekonomi juga bergerak sehingga rakyat selalu bahagia dan sejahtera,”imbuh legislator Partai Demokrat ini.

Sartono juga mendorong agar Pemerintah memberikan perhatian kepada sektor riil seperti event-event budaya dan pariwisata tersebut.

“Saya mengharapkan hal ini ditingkatkan, bahkan ditingkatkan menjadi kalender event tahunan, dari Kementerian juga harus memberikan perhatian politik anggaran di dalam menggerakkan perekonomian rakyat lewat event-event kesenian ini,”papar dia.

Sehingga, bentuk intervensi Pemerintah, kata dia, di dalam APBN yang besar tersebut harus ada slot anggaran.

“Slot anggaran APBN untuk suatu daerah yang aktif mengadakan suatu kegiatan kegiatan budaya yang juga memberikan dampak positif kepada perekonomian rakyat itu yang saya pikir harus menjadi catatan, dan (event-event) ini tidak dianggap asal saja, tetapi harus betul-betul serius ini, ditangani,”ujarnya.

Selain itu, Sartono mengatakan event-event budaya dan pariwisata bisa dijadikan event tahunan yang sudah diagendakan jadwalnya.

“Agendakan jadi menjadi Event tahunan, sehingga kita kampanyekan kita komunikasikan bahwa kita punya produk kesenian lokal dan ini menggerakkan perekonomian mungkin karena dia plusnya mungkin bisa menikmati wisata lainnya, apalagi contohnya di Pacitan itu kan pantainya bagus-bagus,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.