Kampanyekan Kelestarian Laut, Pacitan Gelar ‘Kick Off’ Seawalls di Jalur Pacitan-Solo

oleh -5 Dilihat
KICKOFF SEAWALLS. Pegiat seni melukis mural tanda dimulainya seawalls di jalur utama Pacitan-Solo pada Jumat (31/3/2023). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan Seawalls Indonesia dan para seniman di Pacitan dan DI Yogyakarta menggelar kick off seni mural Seawalls Indonesia.

Kegiatan kickoff tersebut ditandai dengan aksi mural biota laut di jalur utama Pacitan-Solo di wilayah Tamperan, Pacitan pada Jumat (31/3/2023) sore.

Konsultasn seni budaya Sea Walls Indonesia, Nono Warsono saat dikonfirmasi Pacitanku.com mengatakan kegiatan Seawalls itu memiliki sejumlah kegiatan, dimana salah satu kegiatan adalah terutama mural.

“Kita temanya campaign tentang kelestarian laut, jadi fokus pada persoalan konservasi laut dengan segala biota lautnya, dan juga air pasir dan semua yang terkait dalam persoalan ekologi lautan semua nanti akan terkait dengan isu mengenai kelestarian laut,”kata Nono.

Lebih lanjut, Nono mengungkapkan kegiatan yang melakukan aksi mural di tembok jalur utama Pacitan-Solo sepanjang 100 meter itu sebagai event permulaan.

“Yang ini baru dimulai sebagai awal dari event yang akan kita selenggarakan di bulan akhir Agustus dan awal September tahun ini. Jadi ini adalah kickoff untuk mulai event seawalls ini, nanti setelah ini ada beberapa event yang lain juga itu mural, workshop maupun edukasi pada masyarakat,”jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pacitan Turmudi saat ditemui mengatakan kegiatan pengecatan tembok atau mural ini adalah merupakan salah satu program seawalls.

Untuk pengerjaan tembok seawalls tersebut, kata Turmudi, hanya membutuhkan waktu dua hari dari rencana pengerjaan awal empat hari.

“Untuk pengerjaan tembok sea walss ini direncanakan berjalan 4 hari, namun 2 hari sudah hari sudah selesai karena dilembur, dan panjang tembok ini sekitar 100 meter,”ujar dia.

“Ini bekerjasama dengan teman-teman Seniman yang ada di DI Yogyakarta dan Dewan Kesenian Pacitan serta teman-teman pelukis-pelukis Pacitan, yang mana ini adalah merupakan roadshow atau nanti kick-off,”imbuh Turmudi.

Sekitar bulan Agustus dan September, kata Turmudi, akan dilanjutkan seawalls atau pengecatan dinding-dinding tembok secara menyeluruh.

“Nanti bagian-bagian yang terbuka di daerah-daerah wisata kita ini akan dicat, akan ada teman-teman seniman yang dari 8 negara yang berpartisipasi di dalam rangka untuk pengecatan tembok (mural),”tandasnya.

Lebih lanjut, Turmudi mengungkapkan tujuan utama dari kegiatan seawalls ini adalah kampanye tentang pelestarian laut, khususnya di Pacitan.

“Kenapa temanya seperti ini temanya adalah gambar-gambar biota laut? karena ini adalah untuk melestarikan laut kita itu termasuk yanga da di dalam laut kita, karena apa? Kabupaten Pacitan merupakan sebagian besar adalah bibir pantai tempat wisata pantai yang nanti bisa dipromosikan sebagai salah satu promosi wisata yang ada di Pacitan,”papar dia.

Secara khusus, Turmudi mengimbau masyarakat yang ingin mengabadikan momen di seawalls tersebut untuk tetap berhati-hati mengingat jalur Pacitan-Solo adalah jalur ramai kendaraan.

“Masyarakat jangan sampai berjubel, karena ini di pinggir jalan raya, jalan nasional, banyak sekali kendaraan yang lalu-lalang yang lewat di sekitar sini sini diharapkan nanti yang ingin selfie atau foto-foto bersama ini untuk hati-hati, jangan sampai ada terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,”pungkasnya.